ALAT MESIN TANAM PADI ATASI HILANGNYA BURUH TANDUR

Selasa, 26 April 2011 07:50:57 - oleh : pde

HUMAS CILACAP - Wakil Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji bersama Direktur Alsintan Kementrian Pertanian mengadakan uji coba mesin penanam padi. Kegiatan tersebut berlangsung di sebuah area persawahan Desa Bojong Kec. Kawunganten Senin (18/4). Pengenalan alat tanam mesin tersebut dikandung maksud sebagai upaya untuk antisipasi atas persoalan semakin minimnya buruh tanam sehingga perlu dilakukan trobosan lewat teknologi canggih.

menurut Direktur Alat-alat mesin Pertanian Kementrian Pertanian Ir. Bambang Santosa, M.Sc teknologi alat-alat pertanian tersebut setidaknya memiliki tiga fungsi yaitu fungsi manfaat, ekonomis, dan sosial. Dia berharap, kedepan dengan dukungan tersedianya alat-alat teknologi pertanian akan lebih meningkatkan hasil-hasil pertanian.

Sementara itu Wakil Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengatakan bahwa sebagian besar mata pencaharian warga Cilacap adalah petani. "Oleh sebab itu maka kebijakan pembangunan difokuskan ke desa-desa agar desa maju, termasuk pertaniannya," ujarnya. Untuk itu dia juga berharap agar produksi pertanian di Kabupaten Cilacap kedepan akan lebih maju dengan adanya dukungan alat-alat mesin pertanian yang canggih.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Alsintan dan Wbup juga menyempatkan diri melihat-lihat pameran alat-alat mesin pertanian. Alat-alat tersebut cukup lengkap dan dibuthkan dalam dunia pertaniAN.

Kegiatan pencanangan penerapan mekanisasi alat-alat tanam padi dalam rangka optimalisasi pertanian juga diisi dengan dialog antara direktur dan bupati bersama para petani. Para petani berharap adanya batntuan alat-alat mesin pertanian dari pemerintah kepada masyarakat. (abe)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya