2017, DINKES MASIH OPTIMALKAN SIAGA GADA

Senin, 13 Maret 2017 16:47:21 - oleh : dony


CILACAP - Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap tahun ini masih akan mengoptimalkan pelaksanaan program Siaga GADA. Siaga GADA merupakan program prioritas untuk pengentasan persoalan Gizi Buruk, Angka Kematian Ibu dan Bayi, Demam Berdarah, serta AIDS. Kepala Dinas Kesehaatan Cilacap, Marwoto, Senin (13/3/2017) menjelaskan, untuk kasus gizi buruk persebarannya merata pada seluruh kecamatan di Kabupaten Cilacap. Pada tahun 2016 kemarin angka kasus gizi buruk di Cilacap mencapai 47 kasus. Jumlah ini merupakan data riil verivikasi di lapangan, karena sebelumnya ada booming jumlah kasus gizi buruk. Diharapkan tahun ini kasus gizi buruk di Cilacap dapat dituntaskan. 


Terkait dengan program kesehatan ibu dan bayi, tahun ini Dinkes Cilacap memprioritaskan dua hal. Yakni menekan angka kasus kematian ibu dan bayi.. Berdasarkan data tahun 2016, angka kematiaan ibu di Cilacap mencapai 25 kasus. Tahun ini diharapkan ada penurunan, dengan angka kematian ibu maksimal 13 kasus. Program prioritas lainnya yakni menekan jumlah kasus demam berdarah (DB) yang tahun laalu mencapai 1.240 kasus dengan korban meninggal 13 orang. Salah satu upayanya yakni dengan optimalisasi program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) terpadu berbasis kemasyarakatan.


Untuk penanggulangan AIDS, Dinkes Cilacap tahun ini menargetkan pengungkapan jumlah kasus sebanyak-banyaknya. Tujuannya yakni agar penanganan dan pencegahan penularan dapat dilakukan sejak dini. Berdasarkan data pada Klinik Voluntary Conselling Test (VCT), ada 47 kasus HIV/AIDS baru yang ditemukan di awal tahun 2017. Apabila jumlah pengidap HIV/AIDS pada pendataan 2016 sebanyak 858 orang, dengan tambahan data baru ini jumlah penderita mencapai 905 orang. Diduga masih ada ribuan penderita HIV/ AIDS di kabupaten Cilacap yang belum terungkap. Oleh karenanya Dinkes Cilacap bersama seluruh pihak terkait berupaya memverivikasi temuan tersebut untuk mengetahui kondisi di lapangan, serta merumuskan upaya penanganan yang akan dilakukan.(wid/don)


Foto : dok. Humas Cilacap

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya