80 SENIMAN CILACAP IKUTI PENTAS DUTA SENI TMII

Kamis, 13 Juli 2017 15:17:53 - oleh : dony


CILACAP - Sebanyak 80 seniman dan seniwati Kabupaten Cilacap, menampilkan gelaran ‘Serah Tinampen Panji Jala Bhumi Panji Wijayakusuma Cakti’, di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (9/7/2017). Pada even ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Barokatul Anam beserta anggota Komisi B, berkesempatan hadir di TMII, untuk menyaksikan penampilan seniman seiwati Cilacap. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Murniyah menjelaskan, ‘Serah Tinampen Panji Jalabhumi Wijayakusuma Cakti’ merupakan seni koreografi, yang kerap ditampilkan dalam prosesi Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Kali ini prosesi tersebut ditampilkan untuk bersaing dalam kompetisi Pentas Duta Seni tingkat Provinsi Jawa Tengah 2017.


“Pelaksanaannya diikuti 35 kabupaten/kota. Tetapi sesuai jadwal yang disusun Pemprov Jateng bekerjasama dengan Anjungan TMII kami kebagian tanggal 9 Juli”, katanya.


Dijelaskan, event ini diikuti oleh 35 kabupaten kota di Jawa Tengah secara bergilir. Panitia menentukan beberapa kriteria penilaian, antara lain ada satu rangkaian cerita yang tidak terputus, animo peserta, serta mengangkat cerita lokal. Adapun pengumuman pemenang akan dilakukan setelah seluruh peserta tampil dalam perhelatan ini. Menurut Murniyah, pada tahun lalu Cilacap berhasil masuk dalam 3 besar penyajian duta seni wisata se – Jawa Tengah. Oleh karena itu, pihaknya berharap setidaknya Cilacap dapat mempertahankan predikat tersebut. 


“Mohon doa restunya mudah-mudahan paling tidak kita bertahan. Karena biasanya mempertahankan jauh lebih sulit daripada meraihnya”, tambahnya


Selain itu Kabupaten Cilacap yang mewakili Provinsi Jawa Tengah juga berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Jawa - Bali, untuk kompetisi penyajian kuliner khas daerah. Dalam kompetisi digelar untuk memeriahkan ulang tahun ke – 42 TMII tahun 2017 ini, Cilacap mengandalkan menu ‘Brekecek Pathak Jahan’, yang merupakan kuliner khas Cilacap. Murniyah berharap, keberhasilan ini akan semakin mengibarkan nama Cilacap di kancah nasional, pada sektor pariwisata.(don)


Foto : Istimewa

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya