EVALUASI GERMAS DILAKUKAN MELALUI POSBINDU

Senin, 17 Juli 2017 15:39:07 - oleh : dony


CILACAP - Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk mewujudkan Cilacap sehat melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang diluncurkan pada pekan kedua Juli 2017. Germas merupakan suatu tidakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama sama, untuk meningkatkan kualitas hidup. Adapun pemantauan dan evaluasinya, akan dilakukan melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), yang tersebar di sejumlah desa di seluruh Kabupaten Cilacap.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Marwoto menjelaskan, keberadaan Posbindu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Cilacap. Terlebih apabila dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Cilacap, dengan angka harapan hidup mencapai 70 tahun. Hingga saat ini 35 unit Posbindu telah terbentuk, dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Pembentukan Posbindu ini bertujuan untuk deteksi dini penyaakit tidak menular, yang trennya semakin mengkhawatirkan karena berisiko mengakibatkan kematian.

“Saat ini PTM  di Kabupaten Cilacap masuk sepuluh besar penyakit yang berimbas terhadap kematian. Beberapa diantaranya yakni darah tinggi, jantung koroner, diabetes, stroke, dan kanker”, katanya.

Menurut Marwoto, pendirian Posbindu PTM diperlukan, dalam rangka pengendalian kemungkinan serangan penyakit tidak menular.Oleh karena itu pihaknya mengajak masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin enam bulan sekali, di Posbindu yang ada di tiap puskesmas. Untuk mendukung hal tersebut, Dinkes Cilacap menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan darah, kolesterol, kadar gula darah, dan lainnya.(don)


Gambar : Il;ustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya