PELAKSANAAN PLS HARUS EDUKATIF

Senin, 17 Juli 2017 15:47:16 - oleh : dony


CILACAP - Ribuan peserta didik pada berbagai tingkat satuan pendidikan mulai Senin (17/7/2017) mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun ajaran 2017/2018. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, hingga Rabu (19/7/2017). Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Cilacap, Warsono, saat ditemui Bercahaya FM disela silaturahmi jajaran pendidikan di Gedung Dwijaloka Cilacap menjelaskan, orientasi siswa difokuskan kepada PLS.

“Orientasi pastikan tujuannya tidak menyimpang. PLS itu yang utama, sisipkan materi yang menunjang KBM, misalnya pembentukan karakter, wawasan kebangsaan, dan anti radikalisme”, katanya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan PLS dilaksanakan di masing-masing sekolah, dan panitia penyelenggara seluruhnya  merupakan guru dari sekolah asal. Untuk kegiatan ini, Warsono meminta pihak sekolah untuk tidak menginstruksikan penggunaan atribut yang tidak semestinya. Pihaknya juga menerjunkan sejumlah pengawas dan berkoordinasi dengan unit pelaksana teknis (UPT) tiap wilayah dan kepala sekolah, untuk memastikan PLS di Cilacap bebas dari praktik perploncoan.

“Kami tugaskan sejumlah pengawas dan petugas UPT beserta kepala sekolah, agar PLS tahun ini berjalan dengan baik”, tambah Warsono.

Terkait dengan pelaksanaan Kurikulum 2013, Warsono mengakui hingga saat ini pelaksanaannya di Cilacap belum 100 persen. Pihaknya menargetkan tahun 2019, seluruh sekolah di jajaran Dinas P dan K Cilacap telah menerapkan K-13. Saat ini Dinas P dan K telah beberapa kali menyelenggarakan bimbingan teknis pelaksanaan K-13, yang diikuti seluruh tenaga pendidik secara bertahap. Berbeda dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), K-13 lebih menekankan pengembangkan karakter, tanpa mengabaikan pendekatkan saintifik.(don)


Gambar : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya