PERWAKILAN RSI FATIMAH JUARA PIDATO PANGINYONGAN

Kamis, 10 Agustus 2017 16:40:03 - oleh : dony


CILACAP - Perwakilan dari RSI Fatimah Cilacap, Nuriyati, berhasil meraih Juara 1 Lomba Pidato Panginyongan, dalam rangka memeriahkan peringatan HUT 72 tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dia berhasil menyingkirkan sejumlah kontestan lainnya, pada kegiatan yang diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Kamis (10/8/2017) pagi. Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Pidato Panginyongan, Jarmo menjelaskan, lomba diikuti 24 peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD), unit pelaksana teknis pendidikan dan kebudayaan, BUMN, Perusahaan Daerah, Swasta, dan masyarakat umum.

“Harapannya peserta sekitar 50 orang. Tapi tadi perwakilan dari seluruh OPD dan instansi serta masyarakat hampir lengkap”, katanya.

Menyusul Nuryati, posisi Juara 2 diraih oleh perwakilan UPTD Karangpucung Rochmat, dan Juara 3 diraih perwakilan UPTD Maos Tri Suelfi. Adapun Juara harapan I, II, dan III, masing masing yakni Sugiarti – Guru TK Gandrungmangu, Marlinah dari UPTD Cilacap Selatan, dan Atin Sukesti dari UPTD Cilacap Utara.  Kegiatan semacam ini sengaja digelar, agar masyarakat khususnya generasi muda mengenakl dan mencintai bahasa asli Cilacap.

“Sebab saat ini masih ada anak muda yang malu menggunakan bahasa panginyongan, dalam komunikasi sehari hari”, tambahnya.

Adapun tema yang diangkat adalah peristiwa sejarah lokal masa perang kemerdekaan di Cilacap, tokoh perang kemerdekaan Cilacap, dan sejarah kewilayahan Cilacap. Ada tiga orang dewan juri yang menilai penampilan peserta, yakni Sutarwin, Bambang Wadoro, dan Bambang Tri. Beberapa hal yang dinilai dari peserta antara lain penampilan, kesiapan dan ketepatan waktu, artikulasi dan intonasi, serta gestur.(don)


Foto : Istimewa

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya