760 PRAMUKA PENGGALANG IKUTI JAMBORE KWARRAN MAOS

Sabtu, 12 Agustus 2017 15:14:15 - oleh : dony


CILACAP - Sebanyak 760 Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Maos mengikuti Jambore tingkat kecamatan. Mereka berasal dari 36 pangkalan, yakni SD sebanyak 26 pangkalan, MI 5 pangkalan, dan SMP 7 pangkalan. Tiap sekolah mengirimkan 1 regu putra dan puteri, di mana tiap regu beranggotakan 10 orang. Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Mrenek sejak Jumat hingga Minggu (11 - 13/8/2017), untuk memperingati Hari Jadi ke – 56 Gerakan Pramuka. Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Maos, Narti selaku anggota Majelis Pembimbing Ranting, saat membuka Jambore dalam sambutannya berpesan agar peserta Jambore menjaga diri sebaik mungkin.


“Jaga diri sebaik mungkin, sebab kalian akan menempa diri dan berpisah dengan orang tua selama tiga hari. Tidur bersama teman dan berkegiatan bersama teman, sehingga solidaritas, dan toleransi perlu ditingkatkan”, katanya.


Ditambahkan, kegiatan Jambore bermanfaat untuk meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab. Sehingga agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik, peserta didorong untuk mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh selama bimbingan di sekolah masing-masing.   Sementara itu Ketua Kwartir Ranting 11.01.06 Maos, Jamad mengatakan, Jambore merupakan program kerja Kwarran Maos. Tema yang diangkat kali ini yaitu “Dengan Pramuka Ciptakan Generasi Taqwa, Patriot Toleran, Demokratis, Bersatu dalam Keberagaman”. Tujuannya yakni untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, serta jiwa juang di kalangan generasi muda. Selain itu juga untuk melatih ketahanan mental, jasmani dan rokhani.


“Dalam kegiatan ini, panitia akan memilih regu tergiat 1, 2, dan 3, baik putra maupun putri. Materi yang dilombakan meliputi ketakwaan, pidato, senam pramuka, hunian tenda, penjelajahan, kuliner, kesenian, dan hasta karya”, katanya.(don)


Foto : Istimewa

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya