DLH GENJOT PEROLEHAN RETRIBUSI LAYANAN PERSAMPAHAN

Jum`at, 8 September 2017 16:36:24 - oleh : dony


CILACAP - Pemerintah Kabupaten Cilacap mentargetkan perolehan retribusi sampah tahun ini sebesar Rp 630 juta. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Adjar Mugiono menjelaskan, sejauh ini realisasi perolehan retribusi telah tercapai sekitar Rp 369 juta atau 60 persen. Oleh karena itu, DLH Cilacap akan mengoptimalkan layanan persampahan, agar target retribusi persampahan ini dapat tercapai pada akhir tahun 2017.


“Kekurangan sarpras memang menjadi salah satu kendala kami dalam optimalisasi retribusi sampah. Namun dengan SDM serta sarpras yang ada, kami berupaya mencapai target standar pelayanan minimal”, katanya.


Adjar menerangkan, selama ini pengelolaan persampahan di Kabupaten Cilacap mengacu Perda Nomor 3 Tahun 2011, tentang Pengelolaan Sampah dan Retribusi Pelayanan Persampahan atau Kebersihan di Cilacap. Dalam perda tersebut, besaran tarif retribusi pelayanan sampah rumah tangga dibagi dalam dua golongan, yakni pelayanan langsung dan tidak langsung.


Untuk jenis pelayanan langsung, pengambilan, pengangkutan, dan pembuangan sampah dari rumah tangga dengan pola individual, langsung dari sumber ke TPA dikenai tarif Rp 9.000/bulan/KK untuk rumah permanen, dan Rp 5.500/bulan/KK untuk rumah non permanen. Sedangkan pelayanan tidak langsung di mana pengangkutan sampah dari TPS ke TPA di lingkungan rumah tangga, dikenai tarif Rp 5.500/bulan/KK untuk rumah permanen, dan Rp 3.000/bulan/KK untuk rumah non permanen.


“Penggalian retribusi ini juga didukung oleh sektor lain, misalnya layanan pengangkutan sampah pada kawasan komersial, fasilitas umum, industri, serta fasilitas lain seperti pusat olahraga”, tambahnya.


Untuk optimalisasi retribusi, saat ini DLH Cilacap memiliki 29 unit armada pengangkut sampah, dengan 18 unit diantaranya berada di UPT Cilacap, 5 unit di UPT Majenang, 4 unit di UPT Kroya, dan 2 unit di UPT Sidareja. Layanan kebersihan ini juga didukung oleh petugas kebersihan sebanyak 183 orang. 111 orang diantaranya bertugas di wilayah UPT Cilacap, 25 petugas di UPT Majenang, 19 orang di UPT Majenang, dan 28 orang di UPT Kroya.(don)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya