TARGET BULAN DANA PMI CILACAP 1,8 M

Senin, 25 September 2017 14:40:56 - oleh : dony


CILACAP - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap tahun ini menargetkan perolehan bulan dana sebesar Rp 1,8 miliar. Jumlah ini diproyeksikan berdasarkan perolehan sebelumnya, di mana pada 2016 sumbangan kemanusiaan bulan dana mencapai 1,5 miliar, melebihi target yang ditentukan. Kepala Markas PMI Cilacap, Suherman menjelaskan, optimistis target ini dapat terpenuhi, dengan dukungan segenap masyarakat.


“Agar perolehan bulan dana lebih optimal, tahun ini kami juga meningkatkan jalinan komunikasi dengan dunia usaha dan industri di Kabupaten Cilacap”, kata Suherman.


Pengumpulan bulan dana PMI 2017 dilaksanakan selama 3 bulan, mulai 1 September 2017, hingga 30 November 2017. Seluruh dana yang terkumpul, nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial, sumbangan kebencanaan, serta bantuan kemanusiaan lainnya. Menurut Suherman, hingga saat ini program bulan dana PMI masih menjadi sumber utama pembiayaan program dan kegiatan operasional PMI Cilacap. 


Sebab pihaknya belum memiliki unit usaha yang mampu mendukung kegiatan operasional PMI, misalnya rumah sakit. Saat ini Rumah Sakit PMI yang berlokasi di Jalan Raya Kalisabuk masih dalam tahap pembangunan. Suherman berharap, apabila telah dioperasikan, nantinya rumah sakit ini dapat menjadi salah satu pendukung kegiatan operasional PMI di bidang sosial kemanusiaan.


“Kami optimistis insya Allah target dapat tercapai, melalui dukungan dan partisipasi segenap masyarakat Cilacap”, tambahnya.


Berdasarkan data PMI Cilacap, realisasi Bulan Dana PMI Cilacap pada 2016 menjadi perolehan tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Dari target netto sebesar Rp 1,7 miliar, realisasinya sekitar 96,26 persen. Dibanding hasil bruto 2015 yang hanya sekitar Rp 1,2 miliar, perolehan ini mengalami kenaikan sebesar 37,64 persen. Adapun, perolehan bruto Bulan Dana PMI 2016 mencapai Rp 1,65 miliar, dan setelah dikurangi biaya operasional, diperoleh hasil bersih sebesar Rp 1,5 miliar. Sehingga terdapat kenaikan sebesar 36,81 persen, dari hasil bersih tahun 2015 sebesar Rp 1,1 miliar.(don)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya