DRAINASE BURUK, PENYEBAB BANJIR PERKOTAAN

Selasa, 10 Oktober 2017 15:10:11 - oleh : dony


CILACAP - Buruknya sistem drainase wilayah perkotaan menjadi salah satu faktor penyebab banjir yang kerap melanda kawasan ini. Saluran pembuangan air tidak dapat bekerja optimal karena mengalami sedimentasi. Selain itu letaknya yang berada di bawah beton trotoar juga menyulitkan pemeliharaan. Demikian juga Sungai Kaliyasa sebagai mayor drain perkotaan, kini mengalami pendangkalan parah.


“Penanganan drainase kita anggarkan setiap tahun. Baik pembangunan baru, rehab, dan pemeliharaan”, kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Cilacap, Ir. Sunarno, MM, Selasa (10/10/2017).


Menurut dia, banjir yang merendam sebagian kawasan perkotaan Cilacap tidak semata disebabkan drainase yang buruk. Namun ada faktor penyebab lain seperti curah hujan ekstrem serta air laut sedang pasang. Kondisi ini menyebabkan air yang menggenangi wilayah kota tidak dapat mengalir ke laut. Untuk menanggulanginya, Pemkab Cilacap akan menyiapkan daerah resapan di Jalan dr. Sutomo.


“Empat tahun terakhir beberapa bidang tanah masyarakat sudah kami bebaskan. Nanti akan kita buat RTH yang dilengkapi folder-folder tampungan air, taman, dan sebagainya. Ini upaya jangka panjang yang kami siapkan”, tambahnya.


Sebelumnya banjir akibat hujan ekstrem Sabtu (7/10/2017) kemarin melanda sejumlah titik di wilayah Cilacap barat, kota, dan Cilacap timur. Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten menjadi wilayah terparah yang tergenang banjir, dengan ketinggian air mencapai 160 cm. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Martono mengatakan, meski kini air telah surut, pihaknya masih mempertahankan Posko Siaga Banjir serta dapur umum dan posko kesehatan di desa itu.


“Sebab Posko itu digunakan untuk pusat pantauan perkembangan terakhir mengingat banjir masih berpotensi terjadi”, jelasnya.(don)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya