PERTAMINA KUCURKAN CSR UNTUK ATASI TINGGINYA ANGKA KEMATIAN IBU MELAHIRKAN DI CILACAP

Selasa, 10 Oktober 2017 15:17:57 - oleh : arin_bercahaya

CILACAP-Melalui Program CSR Pertamina Sehati -Sehat Ibu dan Anak Tercinta adalah salah satu bentuk tanggung jawab social dan kepedulian PT Pertamina dalam membamntu Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui perbaikan dan peningkatan mutu kesehatan ibu dan anak .  Berkaitan dengan hal tersebut , Pertamina bekerjasam dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap selasa(10/10)  bertempat di gedung Patra graha Cilacap, berlangsung kegiatan Pelatihan Pembuatan Bank Sayur dan olahan makanan bergizi .

Menurut General Manager Pertamina Refenery Unit IV Cilacap,  Dadi Sugiana usai membuka kegiatan Pertamina Sehati mengatakan, tujuan diadakan kegiatan Pertamina Sehat Ibu dan Anak tercinta adalah untuk membantu Pemerintah Kbaupaten Cilacap dalam meminimalisir angka kematian ibu melahirkan di Cilacap, Mengingat masih tingginya angka kematian ibu dan anak di Indonesia,dibandingkan dengan Negara Negara lain dikawasan Asia Tengggara.
Mellaui Program tersebut, lanjut Dandi,  diharapkan terjadinya peningkatan asupan gizi yang berasal dari sayur-sayuran. Terutama untuk konsumsi ibu hamil,  sehingga bisa mengurangni tinggkat kehamilan resiko tinggi , sekaligus bisa bisa menciptakan keluarga yang sehat. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni Pelatihan Pembuatan Bank Sayur dan olahan makanan bergizi, peningkatan pemahaman perilaku hidup sehat terhadap ibu hamil dan anaknya./ Diikuti sebanyak 6 kelompok Wanita Tani yang ada di Kelurahan Sidakaya,Lomanis, Gunung Simping, Donan dan Kutawaru.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dokter Marwoto, angka kematian ibu melahirkan di Cilacap pada tahun lalu mencapai angka 24 kasus, untuk tahun ini mengalami penurunan yang sangat dratis yakni hanya 11 kasus. Diharapkan dengan keterlibatan BUMN seperti Pertamina melalui program Pertamina CSR Sehati , kasus kematian ibu melahirkan dan bayi di Cilacap akan terus berkurang .
Sementara itu, kegiatan program CSR Pertamina sehati yang diikuti sebanyak 60 peserta akan berlangsung selama dua hari, selama kegiatan para peserta menerima materi pelatihan cara pembutan bank sayur di kelompok wanita tani, penanggulangan gizi pada ibu hamil ,serta pelatihan penceghan Kehamilan tidak diinginkan -KTD. Pada juga diserahkan bantuan program Sehati tahun 2017 total senilai 141 juta rupiah lebih. (Arin).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya