PEMANFAATAN SUMUR DALAM BERTENAGA SURYA BELUM OPTIMAL

Rabu, 11 Oktober 2017 15:54:01 - oleh : dony


CILACAP - Keberadaan sumur dalam yang dilengkapi pompa bertenaga surya belum dimanfaatkan optimal oleh petani Cilacap. Padahal apabila dikelola dengan baik, diyakini produktivitas pertanian Cilacap terutama padi dapat ditingkatkan. 


Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Gunawan membenarkan, pemanfaatan enam unit sumur dalam bertenaga surya yang dibangun menggunakan APBD 2016  dengan nilai total Rp 1,8 miliar ini belum memberikan hasil signifikan.


“Ada beberapa kendala dalam pemanfaatan sumur tenaga surya, terutama pemeliharaan panel-panel surya. Sehingga memang belum seluruhnya bermanfaat secara optimum”, kata Gunawan.


Satu unit sumur tenaga surya ini berada di Kecamatan Jeruklegi, tepatnya di Desa Sumingkir. Sedangkan sisanya tersebar di Kecamatan Cimanggu, masing-masing Desa Cimanggu, Bantar Panjang, serta Karangreja. Tiap sumur memiliki kedalaman sekitar 65 meter, dengan nilai investasi sekitar Rp 300 juta.


Menurut Gunawan, pemanfaatan sumur pompa bertenaga surya semestinya menjadi opsi terakhir pada saat-saat kritis. Apabila tanaman padi telah berusia 50 hari dan petani kekurangan pasokan air, barulah sumur tenaga surya ini digunakan. Operasionalnya sendiri telah diserahkan pada kelompok tani di masing-masing wilayah.


“Ketika sudah diserahkan ke kelompok ya mereka yang mengelola. Kalau kreatif, listrik yang dihasilkan melalui panel tenaga surya ini juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain”, tambahnya.


Atas fakta ini, lanjut Gunawan, pihaknya akan mengkaji apakah pengembangan sumur dalam ini cukup efisen. Di sisi lain saat menerima kunjungan Tim Badan Sertifikasi Nasional beberapa waktu lalu, pihaknya mendapat masukan bahwa pengembangan sumur tenaga surya di Cilacap masih memerlukan kajian mendalam.


Sementara itu untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian, selain sumur dalam Pemkab Cilacap juga telah membangun beberapa infrastruktur lain. Yakni 198 unit JITUT dengan panjang total 48.623 meter, dam parit sebanyak 33 unit, serta sumur pantek sebanyak 23 paket.(don)


Gambar : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya