SAMBUT HARI LISTRIK NASIONAL, 200 RTM DIGRATISKAN PASANG METER BARU

Kamis, 12 Oktober 2017 14:14:12 - oleh : dony


CILACAP - PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan (APJ) Cilacap menggratiskan biaya pemasangan meteran 450 VA, dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional 27 Oktober 2017. Program ini dikhususkan bagi 200-an warga kurang mampu di seluruh Kabupaten Cilacap.


“Memperingati Hari Listrik Nasional, kami ada beberapa kegiatan antara lain penyerahan bantuan bagi warga kurang mampu. Ada 200-an warga kurang mampu yang kami bebaskan biaya pemasangan meter baru”, kata Manajer PT. PLN APJ Cilacap, Ahmad Mustaqir, Kamis (12/10/2017).


Ahmad tidak menjelaskan secara rinci klasifikasi rumah tangga miskin (RTM) yang dimaksud. Namun demikian diyakini program ini akan mendukung percepataan program pemerataan dan peningkatan rasio elektrifikasi di Kabupaten Cilacap.


Program ini dicanangkan bukan tanpa alasan. sebab RTM terutama yang masik dalam data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) umumnya tidak mampu membayar biaya pemasangan meter listrik. 


Direncanakan, penyerahan bantuan ini akan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji. Manajemen PLN APJ Cilacap juga akan mengundang segenap jajaran direksi PLN pusat.


“Biaya pasang barunya kami gratiskan hingga menyala. Tapi untuk rekening bulanannya sudah ditanggung oleh mereka”, kata Ahmad.


Ahmad menambahkan, saat ini ketersediaan listrik Jawa – Bali surplus sebesar 1.100 megawatt (MW). Oleh karena itu manajemen pusat mendorong pertumbuhan distribusi listrik tahun ini di atas 10 persen. Di Cilacap sendiri target peningkatan distribusi listrik sebesar 8,8 persen.


“Sekarang pertumbuhan kami secara nasional ditarget double digit, angkanya diatas 10 persen”, pungkasnya.(don)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya