TEKAN TUNGGAKAN, PELANGGAN PLN DIARAHKAN KE LISTRIK PRABAYAR

Senin, 16 Oktober 2017 14:07:55 - oleh : dony


CILACAP - Kesadaran masyarakat Cilacap untuk membayar tagihan listrik yang sudah jatuh tempo masih perlu ditingkatkan.  Oleh karena itu PT PLN Area Pelayanan Jaringan Cilacap akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, untuk mensosialisasikan pembayaran rekening listrik tepat waktu. Salah satu cara ditempuh yakni dengan memanfaatkan videotron yang ada di Bundaran Alun-Alun Cilacap, Lapangan Krida Nusantara Cilacap Utara, serta Lapangan Alun-Alun Majenang.


“Kami telah berkoordinasi dengan Pak Bupati dan perangkatnya, agar diperbolehkan menggunakan videotron. Bukan untuk beriklan, tapi sosialisasi pembayaran rekening listrik tepat waktu”, kata Manager PLN APJ Cilacap, Ahmad Mustaqir.


Selain itu, untuk mengantisipasi besarnya tunggakan listrik, Ahmad juga mendorong pelanggan untuk beralih menggunakan listrik pra bayar. Hanya saja masih ada anggapan bahwa listrik pra bayar lebih mahal dibandingkan pasca bayar. Padahal banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui listrik pintar tersebut. Misalnya tidak ada biaya beban, penggunaan listrik lebih terkontrol, dan tidak ada denda keterlambatan pembayaran.


“Kalau sudah disosialisasi, diarahkan beralih ke prabayar tetap tidak mau, tetap nunggak, terpaksa kami putus. Ini sebenarnya pilihan sulit bagi kami, karena pasti diprotes masyarakat dan citra PLN kurang baik”, tambahnya.


Menurut Ahmad, berdasarkan evaluasi, dari 900 ribuan pelanggan listrik PLN tunggakan pembayaran lebih didominasi alasan lupa, malas mendatangi gerai atau loket pembayaran rekening listrik, dan lebih memprioritaskan kebutuhan lain. Jumlahnya mencapai ribuan pelanggan dengan nilai tunggakan di kisaran Rp 1 miliar per bulan. Adapun yang membandel maupun benar-benar tidak memiliki uang untuk membayar tagihan, jumlahnya sangat kecil.(don)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya