PENEMPATAN TKI SEKTOR NON FORMAL MASIH DOMINAN

Jum`at, 20 Oktober 2017 15:23:46 - oleh : dony


CILACAP - Hingga saat ini penempatan TKI asal Cilacap untuk sektor non formal masih dominan. Data Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kabupaten Cilacap yang dihimpun hingga Juli 2017 menyebutkan, jumlah penempatan TKI Cilacap di luar negeri sebanyak 2.607 orang. 441 orang di antaranya merupakan pria, dan 2.166 orang lainnya merupakan wanita.


“TKI wanita saat ini memang mayoritas bekerja sebagai asisten rumah tangga. Meski demikian setiap tahun penempatan TKI asal Cilacap di luar negeri semakin menurun, kata Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Sutiknyo.


Sutiknyo tidak dapat memprediksi apa yang menyebabkan hal ini, namun dimungkinkan faktor ekonomi rumah tangga yang semakin baik turut berperan. Sebelumnya Disnakerin Cilacap telah menerima surat dari Kementerian Ketenagakerjaan, terkait dengan moratorium penempatan TKI untuk sektor non formal. Namun faktanya Pemerintah belum dapat menyediakan kesempatan kerja untuk sektor tersebut.


“Oleh karenanya Pemerintah Daerah kembali didorong untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan keterampilan, baik untuk sektor formal maupun non formal”, tambahnya.


Di Cilacap sendiri ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkaan kualitas tenaga kerja. Antara lain pendidikan dan pelatihan para pencari kerja untuk keterampilan menjahit dan las listrik, pembinaan industri kecil menengah dalam memperkuat klaster jaringan, serta pembinaan kemampuan teknologi industri kreatif. Dinas juga melakukan pembinaan terhadap 80 PPTKIS di Kabupaten Cilacap, dalam rangka pengendalian terhadap penyalur tenaga kerja.(don)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya