PRGRAM PERTAMA WILAYAH PESISIR RESMI BERAKHIR

Senin, 4 Desember 2017 16:42:02 - oleh : tina


CILACAP-Program Pengurangan Resiko Bencana Terpadu Berbasis Masyarakat (PERTAMA) Wilayah Pesisir dukungan American Red Cross yang dimulai sejak tahun 2012, secara resmi berakhir dan ditutup oleh Ketua PMI Kabupaten Cilacap Bambang Toedjiono, yang diwakili oleh Suwondo salah satu pengurus PMI Kabupaten Cilacap, Kamis (30/11) di aula Markas PMI Kabupaten Cilacap. Kegiatan penutupan program dilaksanakan selama 2 hari dalam bentuk workshop pembelajaran dan workshop keberlanjutan.

Pengurus Bidang Bantuan dan Bencana PMI Kabupaten Cilacap Andi Susilo, mengatakan bahwa capaian selama 5 tahun yang sudah dilakukan program diantaranya yaitu peningkatan kapasitas organisasi, kapasitas sekolah melalui Sekolah Siaga Bencana, kapasitas masyarakat terhadap upaya pengurangan reaiko bencana, penanaman vegetasi pantai, sampai dengan fasilitasi masyarakat dalam mata pencaharian alternatif.

"Sedangkan dalam workshop keberlanjutan kita mengajak seluruh stakeholder kebencanaan di bawah koordinasi BPBD untuk bersama-sama mendukung dan bersinergi.  Sehingga capaian yang sudah dilaksanakan PMI dapat lestari dan berkembang di masa-masa mendatang" kata Andi Susilo.

Sementara itu Kordinator Lapangan program PERTAMA R. Endro TK berharap, Relawa SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) sebagai salah satu bagian masyarakat terlatih dan sebagai ujung tombak kegiatan dapat terus eksis ditengah-tengah masyarakat rentan bencana.

"Relawan harus terus melakukan proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan kebencanaan dan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait menjadi penting untuk dilakukan" Ungkapnya.(wid)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya