KEPALA BPPSDMP APRESIASI SINERGI PERTANIAN DI CILACAP

Senin, 8 Januari 2018 14:28:32 - oleh : dony


CILACAP - Penyuluh Petanian Lapangan (PPL) dan Babinsa telah berkontribusi besar dalam kegiatan pertanian di Kecamatan Binangun. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabuaten Cilacap, Ir. Gunawan, saat panen raya di Desa Binangun Kecamatan Binangun Cilacap, Senin (8/1/2018). Panen raya dihadiri Kepala Balai Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Ir. Momon Rusmono, dan Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Ir. Ali Rahman selaku penanggung jawab upaya khusus (Upsus) Pajale Provinsi Jawa Tengah dan DIY. 


Hadir pula Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional IV Banyumas, Setyo Wastono, Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap, Mayor (Inf) Rofiq Alfian, Kepala UPT Dinas Pertanian Kroya, Risun, Koordinator PPL Distrik Kroya, anggota Koramil 04/Binangun, serta anggota Gapoktan Tani Makmur. Dalam kegiatan ini seluruh unsur Forkopimcam Binangun turun ke sawah untuk memanen padi bersama. 


“PPL dan Babinsa telah berkontribusi besar dalam peningkatan produksi padi di Binangun. Harapannya produksi padi ini dapat diimbangi penyerapan gabah petani oleh Bulog dengan harga yang pantas”, kata Gunawan.


Selain keterlibatan PPL dan Babinsa, faktor lain yang mendukung peningkatan produksi padi di Kecamatan Binangun adalah pemanfaatan peralatan mesin pertanian (Alsintan) yang efektif. Penggunaan Alsintan, menurut Gunawan mempercepat pengolahan lahan dan proses tanam, sehingga kegiatan pertanian lebih efisien. Hanya saja petani menghendaki agar jaringan irigasi di wilayah tersebut dibenahi, agar panen dapat dilakukan 3 kali dalam setahun.


“Untuk panen selama ini kadang sudah dapat dilakukan tiga kali, namun petani menghendaki agar jaringan irigasi dibenahi agar pengairan lebih optimal. Tapi alhamdulillan pemanfaatan alsintan untuk proses tanam sudah cukup baik”, tambah Gunawan.


Dalam panen raya ini BPPSDMP Kementan menampung banyak usulan dari petani. Antara lain ketersediaan pupuk dengan harga yang terjangkau, dan ketersediaan bibit unggul tahan wereng. Terkait persoalan irigasi, Kepala BPPSDMP Momon Rusmono akan berkoordinasi dengan dinas yang bersangkutan. Diakui selama ini anggaran pemerintah yang dialokasikan belum mampu memperbaiki seluruh kerusakan yang ada. Secara umum, pihaknya mengapresiasi kerjasama PPL, Babinsa, dan Gapoktan yang telah berhasil meningkatkan produktivitas padi di wilayah tersebut.


“Terkait pelatihan dan irigasi, silakan usul ke dinas terkait. Walaupun biasanya ini sudah dialokasikann, paling tidak ada kepastian penganggaran di tahun ini”, katanya.(don/pendim)


Foto : dok. Pendim 0703/Cilacap

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya