11 PUSKESMAS SIAP LAYANI RAWAT INAP

Selasa, 9 Januari 2018 13:49:45 - oleh : dony


CILACAP - 11 Puskesmas di Kabupaten Cilacap kini telah memiliki sarana gedung yang representatif. Pembangunannya dilakukan secara bertahap, sejak tahun 2013. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Marwoto menjelaskan, tahun ini rencananya giliran Puskesmas I Dayaeuhluhur yang akan dibangun, termasuk menyelesaikan renovasi Puskesmas Karangpucung yangtelah berjalan sebelumnya.


“Untuk renovasi tiap gedung Puskesmas dibutuhkan anggaran sekitar Rp 8 miliar. Sehingga pelaksanaannya dilakukan bertahap baik dari APBD Cilacap, dana alokasi khusus, maupun APBD Provinsi Jawa Tengah”, kata Marwoto.


Diterangkan, 11 Puskesmas yang telah sempurna dibangun yakni Cilacap Utara I, Cilacap Selatan II, Bantarsari, Kedungreja, dan Patimuan. Kemudian Puskesmas Wanareja I dan II, Adipala I dan II, Sampang, dan Nusawungu. Sesuai instruksi Bupati Cilacap, lanjut Marwoto, seluruh Puskesmas nantinya akan melayani rawat inap. Tujuannya untuk mendekatkan layanan kesehatan bagi masyarakat, dengan biaya terjangkau.


“Tapi ada juga puskesmas yang sudah mulai dibangun rawat inapnya, seperti Sidareja, Maos, dan Karangpucung. Mudah-mudahan Karangpucung selesai tahun ini”, tambah Marwoto.


Selain peningkatan Puskesmas, pembangunan bidang kesehatan juga diprioritaskan pada pembentukan Kampung Kesehatan. Nantinya grand design Kampung Kesehatan tidak hanya dilengkapi sarana prasarana kesehatan dasar dan tenaga medis di lingkungan setempat, tetapi juga partisipasi masyarakat. Baik pengembangan perilaku hidup sehat, gerakan masyarakat hidup sehat berbasis keluarga, dan inisiatif dalam pembangunan kesehatan.


“Untuk tahap awal kita rencanakan setidaknya ada 1 Kampung Kesehatan di tiap desa/kelurahan”, pungkasnya.(agustina)


Foto : Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Marwoto saat meresmikan Puskesmas Maos, beberapa waktu lalu (dok)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya