TEKAN KETERLAMBATAN APBDES, DISPERMADES SUSUN KALENDER PEMERINTAHAN DESA

Rabu, 7 Februari 2018 14:08:03 - oleh : dony


CILACAP - Guna membantu pemerintah desa dalam penyusunan kegiatan dan pengelolaan anggaran desa, Pemkab Cilacap melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tahun ini mencoba menyusun Kalender Pemerintahan Desa. Ini merupakan inovasi yang digagas oleh Dispermades, dalam rangka percepatan implementasi Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014.


“Ini merupakan terobosan karena selama ini kami sering dianggap mempersulit pencairan APBDes. Padahal APBDesnya belum jadi”, kata Staf Dispermades Cilacap, Kusnadi, saat mewakili Kepala Dispermades Cilacap, Achmad Arifin dalam Sosialisasi KIPP 2018, di ruang rapat Jalabhumi Setda Cilacap, Rabu (7/2).


Kusnadi menjelaskan, selama ini masih banyak pemerintah desa yang terlambat menyampaikan LPJ APBDes. Idealnya laporan tersebut diselesaikan pada bulan Desember, sehingga dana desa dapat dicairkan pada Januari. Pada kenyataanya, hingga Maret masih banyak desa yang belum menyerahkan APBDes, sehingga menyebabkan beberapa kegiatan operasional desa, termasuk penggajian perangkat desa tertunda.


“Sehingga kedepan, dana desa dapat turun pada Januari dan tidak ada lagi perangkat desa kades yang terlambat gajian”, tegasnya.


Kalender ini menjadi acuan dalam pengelolaan anggaran dan kegiatan desa. Sebagai informasi, dana desa yang dikelola Dispermades Cilacap tahun ini mencapai Rp 456 miliar. Dana tersebut, tambah Kusnadi masuk ke desa, rata rata senilai Rp 1,5 miliar. Sebelumnya pada 2017, ADD untuk 269 desa dari ABPD Cilacap 2017 sekitar Rp 146 miliar. Adapun dana bagi hasil pajak sebesar Rp 13 miliar terdistribusi untuk 269 desa, dan dana bagi hasil retribusi sebesar Rp 381 juta terdistribusi hanya untuk 28 desa.(dony)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya