SEKDA BUKA PESTA SIAGA KWARCAB 11.01 CILACAP

Sabtu, 10 Februari 2018 14:55:31 - oleh : dony


CILACAP – Gerakan Pramuka berkewajiban membina generasi muda agar tumbuh dengan kepribadian yang baik, bertangguung jawab, dan mampu mengisi kemerdekaan guna mewujudkan pembangunan nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Sekda Cilacap Drs. Farid Maruf, M.M, saat membacakan sambutan Bupati Cilacap dalam upacara pembukaan Pesta Siaga Kwarcab 11.01 Tahun 2018, di lapangan Kecamatan Gandrungmangu, Sabtu (10/2).


“Melalui kegiatan ini, Nanda akan menerima banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Baik wawasan, kedisiplinan, ketangkasan dan keterampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri baik fisik maupun mental pikiran, sesuai tingkat kemampuannya”, kata Farid.


Lebih lanjut dipaparkan bahwa Kepramukaan merupakan proses pendidikan yang praktis di luar sistem pendidikan sekolah dan keluarga. Selain itu, kegiatannya banyak dilakukan di alam terbuka dalam bentuk yang menarik dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan untuk membentuk kepribadian dan watak berakhlak mulia.


“Kegiatan ini harus dimanfaatkan sebagai wahana mempererat tali silaturahmi serta bertukar informasi dan memupuk semangat persatuan dan kesatuan sesama anggota Pramuka Siaga se – Kabupaten Cilacap”, tambahnya.


Tari Reboisasi


Pesta siaga diikuti 552 peserta yang terdiri dari 480 Pramuka Siaga Barung Putra dan Putri, 48 pendamping, serta 24 pmpinan kontingen dari 24 Kwartir Ranting se – Kabupaten Cilacap. Upacara pembukaan dihadiri oleh Ketua Kwarcab 11.01 Cilacap, Drs. Sutarjo,M.M beserta pengurus kwarcab, ketua Mabiran, ketua Kwarran se – Kabupaten Cilacap.


Pada kesempatan itu, peserta mendapatkan suguhan pagelaran Tari Reboisasi, yang dibawakan oleh 100 siswa-siswi dari wilayah Kwartir Ranting Kecamatan Gandrungmangu. Tarian tersebut mengisahkan kehidupan makmur di suatu negeri, yang rusak akibat pembalakan liar. Hingga akhirnya penduduk menyadari kesalahannya, lantas kembali bersahabat dengan alam dan menghijaukan lingkungannya kembali.


Pesta Siaga diselenggarakan selama 1 hari, dan siswa mengikuti berbagai perlombaan. Antara lain kompetensi dasar berupa ketaqwaan, tanda pengenal seragam Pramuka, rangking I Siaga Gembira, pengamatan dan daya ingat, scouting skills, baris berbaris, lempat tangkap tongkat, pentas budaya, dan lain-lain. Barung tergiat baik putra maupun putri akan mewakili Kwarcab 11.01 dalam kegiatan yang sama di tingkan Binwil Banyumas.(widi)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya