PMI CILACAP AKAN SELENGGARAKAN OPERASI KATARAK GRATIS

Selasa, 13 Februari 2018 12:14:01 - oleh : dony


CILACAP - Jelang HUT ke – 162 Kabupaten Cilacap, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap akan menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi masyarakat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di RSUD Cilacap, Sabtu – Minggu (17 – 18/2). Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Bambang Tujiono mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan mengurangi angka prevalensi kebutaan akibat katarak di Kabupaten Cilacap.


“Screening akan dilakukan di Markas PMI Cilacap untuk seleksi calon pasien”, kata Bambang.


Untuk pelaksanaan kali ini, PMI Cilacap bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) menargetkan 50 bola mata yang dioperasi. Tiap penderita hanya mendapat alokasi operasi satu bola mata, dan seluruh biaya diitanggung PMI Cilacap. Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat membantu penderita katarak yang berasal dari keluarga tidak mapu di Kabupaten Cilacap.


Sementara itu pada kesempatan terpisah, Kepala Markas PMI Cilacap, Suherman mengatakan, tahun ini PMI Cilacap juga akan kembali memberikan bantuan kacamata gratis bagi pelajar di Kabupaten Cilacap. Ada 250 unit kacamata yang akan disalurkan, guna membantu proses belajar anak-anak agar lebih berprestasi di sekolah. Rencananya pembagian kacamata gratis akan dilakukan pada September 2018.


“Tahun lalu kegiatannya kami pusatkan di Kecamatan Kroya. Tahun ini nanti kita laksanakan di kecamatan lainnya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi penerimanya", kata Suherman.(dony)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya