LUNASI PBB, WARGA DESA PESANGGRAHAN KROYA SIAP BOBOK BUMBUNG

Rabu, 14 Februari 2018 13:30:31 - oleh : dony


CILACAP - Desa Pesanggrahan Kecamatan Kroya, Cilacap, akan akan kembali menyelenggarakan Gelar Budaya Prosesi Bobok Bumbung. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Balai Desa Pesanggrahan, Senin (19/2/2018) pukul 14.00 WIB di Balai Desa setempat. Camat Kroya, Muhamad Najib mengungkapkan, Bobok Bumbung merupakan tradisi masyarakat Desa Pesanggrahan.


“Masyarakat menabung di dalam bumbung bambu untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Sehingga pada saatnya akan digunakan, bumbung tersebut dibobok”, ungkapnya.


Lebih lanjut Najib menerangkan, Prosesi Bobok Bumbung merupakan tradisi masyarakat Desa Pesanggrahan tiap tahun. Bahkan agar lebih semarak, tahun ini rangkaian acara dilaksanakan mulai Jumat (16/2/2018). Kegiatannya antara lain Pasar Tiban, lomba mewarnai untuk siswa/siswi SD, pentas kuda lumping, pentas kesenian buncis, cowongan, serta dolanan bocah seperti bentik dan genukan. Kemudian petas ebeg, sarasehan seni tradisional serta shalawatan.


“Puncak acara dilaksanakan pada Senin (19/2/2018), diawali Kirab Bumbung Pajak menyusuri jalan Desa Pesanggrahan. Kirab dimulai pukul 13.00 WIB”, kata Najib.


Kepala Bagian Humas dan Prrotokol Setda Cilacap, Taryo, S.Sos, M.Si mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan ini dapat melatih masyarakat membudayakan gerakan menabung untuk membayar pajak. Penerapannya sendiri sangat unik dan memiliki nilai kearifan lokal karena menggunakan bumbung bambu untuk tempat menabung. Diharapkan kegiatan ini menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.


"Suatu kegiatan yang positif dan perlu diapresiasi. Bahkan Pak Bupati selalu menyempatkan hadir dalam kegiatan ini untuk membuka bumbung tersebut bersama warga," kata Taryo.(dony)


Foto : Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji membuka bumbung bambu dalam tradisi Bobok Bumbung untuk pelunasan PBB tahun 2017 (dok)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya