BNN KABUPATEN CILACAP LAKUKAN SOSIALISASI P4GN DI LP NARKOTIKA

Rabu, 14 Februari 2018 15:30:36 - oleh : tina


CILACAP - Upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cilacap memberikan sosialisasi P4GN dalam acara Penguatan Integritas Bagi Petugas Lapas Narkotika Nusakambangan, Rabu, (14/2) di Aula Lapas Narkotika Kelas IIA Nusakambangan. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang pegawai Lapas Narkotika Nusakambangan termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). 


Kepala BNN Kabupaten Cilacap AKBP. Drs. Triatmo Hamardiyono, M.Si menyampaikan materi tentang "Indonesia Darurat Narkoba." Dimana beberapa hal yang menjadi indikasi kondisi Indonesia Darurat Narkoba adalah daya rusak narkoba yang merusak otak dan tidak ada jaminan sembuh, Indonesia dianggap sebagai pasar potensial bagi penyalahgunaan narkoba, jalur masuk narkoba di Indonesia baik melalui jalur laut maupun darat.


Kondisi tersebut diperparah dengan fakta bahwa penyalahgunaan narkoba tidak memandang umur, pekerjaan dan status sosial, timbulnya korban jiwa dan material, wilayah sebaran yang luas, temuan berbagai narkotika jenis baru serta jaringan peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Lapas.


“Terungkap 60 jaringan yang dikendalikan dari 22 Lapas yang ada di Indonesia, untuk merubah kondisi tersebut serta stigma negatif tentang Lapas maka diperlukan komitmen kuat dari seluruh petugas Lapas” Ungkap Triatmo.


Sementara itu, Kepala Seksi Pemberantasan BNNK Cilacap Kompol Anung Suyadi, SH menyampaikan materi tentang Upaya P4GN di Kabupaten Cilacap serta Implementasi UU No. 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Dan Kepala Seksi P2M Parwito, S.Sos., MM  menyampaikan materi tentang Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkoba. 


Selain sosialisasi, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengecekan urine bagi 20 orang CPNS Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang ditugaskan di Lapas Narkotika Nusakambangan. Dari sampel yang diambil seluruhnya negatif dari narkoba. (widi)


versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya