PWI CILACAP PERANGI HOAX LEWAT PELATIHAN JURNALISTIK

Kamis, 15 Februari 2018 16:20:51 - oleh : arin_bercahaya


CILACAP - Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Cilacap terus mengkampanyekan anti Hoak kepada kalangan pelajar, salah satunya melalui pendekatan pelatihan Jurnalistik Dasar. Ketua PWI Cilacap,Mohamad Sobirin menyampaikan, apappun jenisnys Hoak atau berita bohong apalagi yang mengandung unsur menyesatkan itu dapat berakibat fatal. Oleh karenanya, PWI berkomitmen untuk memerangi Hoak dengan mengajak kalangan pelajar agar lebih selektif dalam membaca dan menerima informasi.


Ajakan ini dikemas PWI melalui gelaran Pelatihan Dasar Jurnalistik seperti yang dilaksanakan di SMP Muhamadiyah 2 Cilacap pada Kamis(15/2). Selain memberikan sosialisasi tentang Hoak, peserta yang berjumlah sekitar 30 pelajar itu sekaligus mendapatkan pendidikan tentang dasar-dasar jurnalistik. Dari materi sejarah pers, teknik dasar penulisan berita hingga teknik pengambilan gambar video atau videographi yang melibatkan narasumber anggota PWI Cilacap.


Sobirin menyampaikan, acara yang bertajuk PWI Goes To School itu menjadi bagian dari kegiatan memperingati Hari Pers Nasional ke-72 tahun 2018. Sebanyak 30 pelajar yang menjadi peserta merupakan perwakilan dari sejumlah SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Cilacap Utara. Kepala SMP Muhammadiyah 2 Cilacap, Bambang Kusmiyanto, program PWI Goes To School 2018 yang berlangsung disekolahnya dinilai sangat bermanfaat. Utamanya terkait pelatihan dasar jurnalisitik yang mampu membekali pelajar dan mendukung kegiatan eksul di sekolah.


Hal senada juga dinyatakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cilacap Utara, Nasikin Alihassan, mengatakan PWI Goes To School merupakan kegiatan positif yang mampu mengedukasi para pelajar dalam menanggulangi dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi. Program PWI Goes To School 2018 di SMP Mudacil tersebut turut diwarnai aksi tanda tangan masal oleh para peserta, guru dan wartawan. Spanduk putih panjang dijadikan media aksi tanda tangan komitmen perang melawan Hoak.(Arin).


 


 

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya