CILACAP TENGAH TERBAIK DALAM PELAYANAN PUBLIK 2017

Rabu, 7 Maret 2018 14:05:45 - oleh : dony


CILACAP - Kecamatan Cilacap Tengah berhasil mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan publik tahun 2017. Dalam penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, wilayah ini berhasil meraih skor 583,41 dengan rata rata 2,92. Nilai ini mengantarkan Kecamatan Cilacap Tengah sebagai kecamatan pelayanan publik terbaik se – Kabupaten Cilacap.


“Peringkatnya nomor 1. Tapi insya Allah kami tidak akan cukup berhenti menjadi yang terbaik di atas kertas. Sebagai ASN, kami akan terus berusaha menyelenggarakan layanan publik di tengah-tengah masyarakat”, kata Camat Cilacap Tengah, Annisa Fabriana.


Annisa menyebutkan, sesuai Pasal 10 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, pihaknya harus siap berperan sebagai pelaksana dan pelayan kebijakan publik. Laporan indikator kinerja pelayanan publik dilaporkan secara berkala, dan tiap bulan dievaluasi oleh instansi tekait. Beberapa aspek yang dilaporkan antara lain layanan perizinan, kependudukan, maupun keluhan warga. 


Berbagai hal yang dilakukan untuk mewujudkan pelayanan prima, antara lain dengan menyediakan ruang tunggu representatif untuk layanan kependudukan. Di Kecamatan Cilacap Tengah tidak ada lagi ruang tunggu yang penuh sesak dengan antrian panjang. Kondisi tesebut diimbangi pula dengan kecepatan layanan, di mana tiap petugas diwajibkan mentaati standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan.


“Sekarang pelayanan di Cilacap Tengah juga sudah zero cost. Tidak ada lagi biaya yang muncul dari pelayanan kami”, tegas Annisa.


Bentuk layanan publik lainnya yang menjadi program unggulan Kecamatan Cilacap Tengah, lanjut Annisa, yakni Pajak Kemisan. Ini merupakan layanan jemput bola bagi warga yang terkendala jarak dan waktu saat akan membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). Dinamai Pajak Kemisan karena jemput bola dilakukan seminggu sekali tiap Kamis. Perangkat kecamatan juga wajib turun hingga tingkat RW untuk menyerap aspirasi masyarakat.


“Ini sangat besar manfaatnya untuk menyerap aspirasi warga”, pungkasnya.(widi/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya