ANGGARAN PENINGKATAN JALAN DI KAMPUNG LAUT 6 MILIAR

Kamis, 8 Maret 2018 21:35:29 - oleh : dony


CILACAP – Peningkatan infrastruktur di Kecamatan Kampung Laut menjadi prioritas Pemkab Cilacap untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Plt. Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf dalam kegiatan Pembinaan Aparat Daerah dan Perangkat Desa Tahun 2018 di wilayah Kecamatan Kampung Laut mengungkapkan, tahun ini Pemkab Cilacap mengalokasikan anggaran dari ABPD Cilacap untuk pembangunan ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Ujung Gagak dan Panikel.


“Untuk tahun 2018, Pemkab Cilacap mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Nanti di tahun 2019, kita kembali alokasikan sebesar Rp 5 miliar untuk pembangunan ruas jalan kabupaten dari Ujung Gagak ke Panikel”, kata Farid, Kamis (8/3/2018).


Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Syamsul Aula Rachman, Asisten Pemerintahan dan Kesra Wasi Ariyadi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Dian Setyabudi, serta Asisten Administrasi dan Umum Indro Cahyono. Hadir pula sejumlah kepala bagian di lingkungan Setda Cilacap, perwakilan OPD terkait di jajaran Pemkab Cilacap, perangkat kecamatan, kepala UPT dan TU, koordinator PLKB dan PPL, kepala SMP Negeri dan kepala TU, kepala desa dan perwakilan perangkat desa, serta kepala SD di Kecamatan Kampung Laut.


Pada kesempatan ini, Farid juga menekankan agar para perangkat desa menjunjung transparansi dalam pengelolaan anggaran desa. Pelaksanaannya juga harus akuntabel karena anggaran tersebut merupakan uang rakyat. Demikian juga untuk program bantuan sosial beras sejahtera (Rastra), Farid menegaskan, Pemkab Cilacap tidak akan mentolerir apabila ada oknum yang bermain-main dan mengambil keuntungan dalam penyalurannya.


“Terkait program bansos Rastra yang gratis jangan coba main-main. Jangan sampai ada pungutan dengan dalih apaun” tegas Farid.


Farid juga menyampaikan perubahan nomenklatur pada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, terkait dihapuskannya Unit Pelaksana Teknis (UPT) dinas terkait. Kepala UPT kini bukan lagi pejabat struktural melainkan sebatas koordinator wilayah, dan UPT hanya dibentuk di tingkat distrik. Sedangan untuk SD Filial di kecamatan tersebut, mulai 2019 akan mendapat bantuan alat transportasi baik berupa mesin atau perahu senilai Rp 50 juta, dan dana operasional Rp 10 juta.


Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman menyampaikan pesan khusus pada kepala dan perangkat desa Kecamatan Kampung Laut agar menggunakan Dana Desa sesuai aturan. Terkait sejumlah kendala yang dihadapi perangkat dalam pencairan DD, Syamsul mengungkapkan, Pemkab Cilacap kini tengah menyusun Peraturan Bupati untuk menyederhanakan mekanisme pencairan DD. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal dalam rangka pemberdayaan masyarakat.


“Bagi para pengguna anggaran, tolong agar anggaran yang ada untuk dapat digunakan sesuai perencanaan. Sehingga dikemudian hari tidak timbul masalah”, kata Syamsul.(dony/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya