DISNAKERIN CILACAP GELAR RAPAT TEKNIS PERSIAPAN MAY DAY 2018

Rabu, 11 April 2018 12:49:31 - oleh : dony


CILACAP – Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan rapat persiapan teknis peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2018, Rabu (11/4/2018). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Disnakerin Cilacap ini diikuti perwakilan Serikat Pekerja, perwakilan dinas/instansi terkait jajaran Pemkab Cilacap, serta perwakilan pengusaha. Untuk memberi apresiasi pada buruh, tahun ini kepanitiaan diketuai perwakilan Serikat Pekerja.


Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakerin Cilacap, Sri Supeni mengatakan, peringatan Hari Buruh Cilacap diselenggarakan untuk mewujudkan hubungan yang harmonis di kalangan Tripartid, yakni pemerintah, pengusaha, dan pekerja. Adapun pembahasan dalam rapat ini yakni seputar teknis kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawab seksi kegiatan. Tujuannya agar pelaksanaan kegiatan berjalan tertib dan lancer.


“Tahun ini kami berupya mengakomodir keinginan dan kepentingan mereka (buruh). Dalam hubungn industrial, kami berharaap momen ini menjadi perekat di antara unsur Tripartid”, kata Sri Supeni.


Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain lomba senam Maumere bersama, cukur gratis, pemeriksaan HIV dan Pap Smear gratis, konvoi buruh, dan sambung rasa (workshop). Menurut Sri Supeni, seluruh perusahaan di Kabupaten Cilacap dilibatkan dan memberi sambutan positif atas kegiatan ini. Peringatan Hari Buruh juga bertujuan menghapus stigma buruk momentum ini, yang kerap diisi unjuk rasa kenaikan upah dan pemenuhan hak – hak buruh.


“Meski demikian kita juga memberikan ruang aspirasi bagi buruh untuk menyampaikn orasi. Sesuai rencana nanti kita juga mempertemukan Serikat Buruh dengan jajaran Forkopimda”, tambahnya.


Ketua Panitia May Day 2018, Paryono mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi perhatian Pemkab Cilacap dan kontribusi dunia usaha atas penyelenggaraan peringatan ini. Pihaknya menghimbau Serikat Pekerja memanfaatkan momentum ini sebaik – baiknya untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka meningkatkn kesejahteraan buruh di Cilacap. Paryono juga berharap pemerintah daerah dapat menegakkan aturan yang dibuat di tingkat pusat.


“Ada lima hak dasar buruh yang masih perlu mendapat perhatian khusus, yakni upah, K3, perlindungan sosial, tunjangan hari raya, dan pesangon. Beberapa dintarnya belum diterapkan sepenuhnya sehingga Pemda diharapkan dapat menegakkan aturan tersebut”, tegasnya.(dony/kominfo)


Foto : Rapat teknis persiapan May Day 2018 di Aula Disnakerin Cilacap diikuti perwakilan Serikat Pekerja, Pengusaha, dan perwakilan dinas/instansi jajaran Pemkab Cilacap, Rabu (11/4/2018).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya