SEGERA CAIR, NOMENKLATUR BANTRAS MASUK HONORARIUM GTT/PTT

Selasa, 8 Mei 2018 09:14:35 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap memastikan bantuan transportasi (Bantras) untuk Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap (GTT-PTT) segera cair. Hanya saja karena indikator dan landasan aturannya agak rumit, nomenklaturnya akan dimasukkan dalam honorarium GTT-PTT. Dasar hukumnya yakni surat perintah tugas (SPT) yang dikeluarkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap .


“Bantras itu harus ada SPJ-nya, setiap hari harus hadir. Alokasinya kan untuk beli bensin, ongkos kendaraan umum dan sebagainya. Kalau jarak rumah ke sekolah cuma 200 meter, kan gak bunyi”, kata Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf.


Farid menjelaskan, langkah ini ditempuh setelah Pemkab Cilacap berkonsultasi dengan Kepala Sub Auditorat Jawa Tengah III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Nelson Humiras Halomoan Siregar. Bantras yang terintegrasi kedalam honorarium akan dibayarkan per Januari 2018. Karena didasari SPT Kepala Dinas, maka hanya GTT-PTT yang terverivikasi yang menerima alokasi tersebut.


“Kami juga akan meminta izin kepada DPRD Cilacap agar penyalurannya mendahului perubahan. Biar GTT-PTT tidak resah. Karena selain SPJ-nya sulit, kita harus hati hati dalam penganggaran. Mudah-mudahan saat Ramadhan nanti sudah selesai semua”, tambah Farid.


Total tambahan kesra baik dari bantras maupun insentif untuk GTT/PTT yang sudah dialokasikan pada ABPD Cilacap 2018 per orang Rp 590.000 dengan nilai total Rp 30,3 miliar. Angka ini naik Rp 290.000 per orang dari besaran kesra tahun 2017. Bantuan Rp 500.000 dialokasikan dari kegiatan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan non PNS dengan anggaran Rp 25,7 miliar dari APBD Cilacap. 


Sedangkan insentif Rp 90.000 per orang dialokasikan dari kegiatan pendamping BOS dengan anggaran total Rp 4,6 miliar. Selain  itu, masih ada 15 persen alokasi dana BOS dengan nominal bervariasi di tiap sekolah. Adapun alokasi bantras khusus senilai Rp 926,4 juta untuk GTT-PTT Kelurahan Kutawaru Rp 800 ribu per orang tiap bulan, dan GTT-PTT Kampung Laut Rp 1.000.000 per orang tiap bulan.(dony/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya