PELAYARAN PERINTIS TOL LAUT SELATAN DIRESMIKAN

Rabu, 9 Mei 2018 16:22:29 - oleh : dony


CILACAP – Proyek Tol Laut yang akan menjadi konektivitas perhubungan di wilayah selatan Jawa akhirnya terwujud. Peresmian pelayaran perdana kapal perintis Route R-106 dilakukan oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko di Dermaga Wijayapura Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap, Rabu (9/5/2018). 


Tahap pertama, kapal perintis akan menghubungkan rute Cilacap – Banyuwangi – Celukan Bawang, Bali pulang pergi (PP). Sedangkan di tahap kedua Kapal Bintan Utama akan melayani pelayaran perintis yang menghubungkan antar kabupaten di jalur selatan Jawa, yakni Cilacap – Pangandaran – Pelabuhan Ratu – Pangandaran – Cilacap – Kulon Progo – Pacitan – Trenggalek – Banyuwangi – Celukan Bawang, PP.


“Kapal ini daya angkutnya 4.400 ton. Pada pelayaran perdana ini akan mengangkut 1.000 ton semen ke wilayah Banyuwangi. Bayangkan saja, 4.400 ton kalau diangkut lewat darat perlu berapa truk?”, kata Heru.


Dijelaskan, Tol Laut diyakini jauh lebih efisien untuk distribusi barang karena memiliki kapasitas angkut yang lebih besar. Bahkan Kementerian Perhubungan melalui Direktoreat Jenderal Perhubungan Laut menyatakan, kedepan pelayaran perintis tidak hanya melayani angkutan barang tetapi juga penumpang. Heru menambahkan, saat ini pihaknya tengah mengusulkan agar pelayaran perintis juga diterapkan di Pantai Utara.


“Bahkan jalur utara juga minta dilayani pelayaran perintis seperti di Pelabuhan Tegal dan Juwana di Kabupaten Pati”, jelasnya.


Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan, Candra Irawan, Kapal Bintan Utama membutuhkan waktu selama 14 hari untuk menemp[uh rute Cilacap – Banyuwangi – Celukan Bawang PP. Pengembangan tol laut ini dilakukan dengan memperhatikan kesiapan pelabuhan yang dilewati sepanjang jalur selatan. 


“Tujuannya memperlancar arus penumpang, barang, dan jasa, ke seluruh penjuru tanah air. Sehingga memperlancar roda perekonomian dan distribusi logistik nasional”, ujarnya.


Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat di wilayah pesisir selatan Jawa, antara lain Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Bupati Trenggalek Emil Dardak, dan pejabat pemerintah daerah di wilayah sekitarnya. Hadir pula pejabat Forkopimda Kabupaten Cilacap, jajaran Dinas Perhubungan, serta undangan lainnya. Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berharap, pengoperasian pelayaran perintis ini meningkatkan perekonomian wilayah Cilacap dan sekitarnya.


“Di Banyumas raya ini banyak produk yang tidak hanya diperuntukan bagi masyarakat lokal, tapi juga ekspor. Sehingga mempermudah distribusi barang”, tegasnya.(dony/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya