PEMKAB DAN POLRES CILACAP GELAR APEL PERSIAPAN OPERASI KETUPAT 2018

Rabu, 6 Juni 2018 11:06:43 - oleh : dony


CILACAP – Pemkab Cilacap bersama Kepolisian Resor Cilacap melaksanakan Apel Gelar Pasukan Ketupat Candi 2018 di Alun – Alun Cilacap, Rabu (6/6/2018). Apel dipimpin Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, diikuti unsur TNI, Polri, Linmas, Basarnas, Satuan Pengamanan, jajaran perhubungan, dan relawan.


Saat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Bupati Tatto menerangkan ada empat aspek yang menjadi target Operasi Ketupat Candi 2018. Yakni pengamanan arus mudik dan balik, stabilitas harga pangan, antisipasi gangguan kamtibmas, serta antisipasi gangguan bencana alam.


Dijelaskan, pengamanan stabilitas dan ketersediaan pangan tahun ini masih berkisar pada distribusi dan antisipasi penimbunan oleh kelompok kartel, mafia pangan, maupun perilaku negatif pengusaha yang menaikkan harga  diatas ketentuan.


“Oleh sebab itu diperlukan kerjasama langkah proaktif dari stakeholder terkait guna mengatasi hal ini”, kata Bupati membacakan sambutan Kapolri.


Potensi kerawanan kedua yakni pengamanan arus mudik dan balik. Pengamanan dilakukan untuk mengurai titik kemacetan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Potensi kerawanan ketiga yakni antisipasi bencana alam dan gangguan kamtibmas dari premanisme, copet, dan kejahatan lainnya.


“Untuk itu para Kasatwil diharapkan dapat mengambil langkah preemtif dan preventif yang diperlukan untuk menekan potensi yang ada. Kasatwil juga diminta berkoordinasi dengan Basarnas, BMKG dan pihak terkait”, tambahnya.


Sedangkan potensi kerawanan keempat, yakni ancaman tindak pidana terorisme. Guna mengantisipasi hal ini, pihaknya menekankan agar Kasatwil terus melaksanakan kegiatan deteksi intelijen yang diiringi penegakan hukum secara tegas melalui optimalisasi peran satgas anti teror di Polda jajaran.


“Disamping itu pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, mako Polri, serta aspek keselamatan personil pengamanan harus tetap diprioritaskan”, tegasnya.


Upacara dihadiri Wakil Bupati Samsul Aulia Rachman, Sekda Farid Ma’ruf, pejabat Pemkab, forkopimda, kepala dan perwakilan OPD, serta tamu undangan lainnya. Usai apel, Bupati didampingi Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengecek kendaraan dinas yang akan digunakan dalam pengamanan lebaran.(dony/kominfo)


Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menginspeksi pasukan dalam Apel Persiapan Operasi Ketupan 2018, Rabu (6/6/2018)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya