ASN DILARANG PAKAI KENDARAAN DINAS UNTUK MUDIK

Kamis, 7 Juni 2018 11:13:55 - oleh : dony


CILACAP – Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf menekankan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) di jajaran Pemkab Cilacap tidak menggunakan kendaraan dinas untuk mudik lebaran. Sebab hingga saat ini masih belum ada perubahan aturan.


Sejak dulu ASN dilarang menggunakan fasilitas negara, termasuk kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi. Larangan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Nomor  030/4090/40 tertanggal 5 Juni 2018. Kendaraan dinas hanya boleh digunakan untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kedinasan.


Selama ini larangan penggunaan kendaraan dinas untuk mudik lebaran didasari Peraturan Menteri Dalam Negeri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor PER/87/M.PAN/8/2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan, dan Disiplin Kerja.


ASN juga diminta untuk tidak mensiasati aturan tersebut dengan mengganti pelat merah menjadi pelat hitam. Apabila ditemui pelanggaran semacam ini, dapat dipastikan yang bersangkutan akan mendapat sanksi. Imbauan ini juga sejalan dengan larangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Seperti dilansir detik.com, Ketua KPK Agus Rahardjo dalam konferensi pers di kantornya Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018) mengatakan, penggunaan kendaraan dinas untuk mudik menyebabkan benturan kepentingan dan menyebabkan masyarakat tidak percaya kepada pejabat negara.


“Fasilitas dinas seharusnya hanya digunakan untuk kepentingan kedinasan. Apabila diabaikan maka dapat menimbulkan benturan kepentingan yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pejabat publik, pegawai negeri, dan penyelenggara negara”, tandasnya.(dony/kominfo)


Foto : Ilustrasi

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya