TMMD SENGKUYUNG TAHAP II DESA PANULISAN BARAT DIMULAI

Selasa, 10 Juli 2018 14:53:51 - oleh : dony


CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II yang dipusatkan di Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayaeuhluhur, Selasa (10/7/2018). Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu bulan, hingga 8 Agustus 2018.


Sejumlah kegiatan fisik yang akan dilaksanakan antara lain pengaspalan jalan sepanjang 1.950 meter dengan lebar 2,5 meter. Pembuatan jalan makadam sepanjang 200 meter selebar 2,5 meter, pembangunan 1 unit gorong-gorong, serta renovasi 16 unit rumah tidak layak huni (RTLH).


Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutan yang dibacakan oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji saat upacara pembukaan menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan TMMD. Sebab kegiatan berbasis semangat gotong royong ini banyak memberikan pelajaran penting dan berharga.


“Saya selalu merasa senang terhadap kegiatan berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesibilitas masyarakat”, katanya.


TMMD juga merupakan program yang sangat partisipatif dalam mengatasi persoalan kemiskinan di Jawa Tengah yang angkanya masih tinggi yakni 12,23 % pada 2017. Juga untuk mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, radikalisme, ancaman terorisme, khususnya bagi generasi muda.


“Generasi muda yang akrab dengan teknologi komunikasi dan informasi ini harus dijauhkan dari hoax, hate speech, bully, dan dibentengi dengan nilai-nilai pancasila, ilmu pengetahuan dan agama”, tambahnya.


Selain kegiatan fisik, TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Panulisan juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan dan pelayanan KB gratis, pembuatan kartu kuning, pengobatan ternak, dan pembuatan akta kelahiran bagi anak usia di bawah 1 tahun secara gratis.


Kegiatan lainnya yakni pelatihan servis peralatan elektronik, penyuluhan bahaya narkoba dan wawasan kebangsaan. Seluruh kegiatan didukung anggaran sebesar Rp 487.200.000. Rinciannya dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 187.200.000 dan APBD Kabupaten Cilacap Rp 300.000.000.(dony/kominfo)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji saat inspeksi pasukan dalam pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2018 di Lapangan Desa Panulisan Barat Dayaeuhluhur, Selasa (10/7/2018)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya