ATASI KEKERINGAN, BPBD SALURKAN 43 TANKI AIR BERSIH

Selasa, 17 Juli 2018 12:41:30 - oleh : dony


CILACAP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap terus berupaya menanggulangi dampak kekeringan. Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) Penanggulangan Bencana, hingga Senin (16/7/2018) BPBD Cilacap telah mendistribusikan 43 tanki air bersih.


Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy Wijayanto, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Martono menjelaskan, bantuan ini merupakan kerjasama lintas sektoral yang melibatkan PDAM Tirtawijaya, PMI Cilacap, dan beberapa perusahaan melalui CSR. 


“Bantuan tersebut didistribusikan untuk 2.331 KK dengan 8.715 jiwa yang tersebar pada 10 desa di 4 kecamatan”, kata Martono.


Penyaluran air bersih terbanyak yakni untuk Kecamatan Kawunganten sebanyak 30 tanki. Rinciannya untuk Desa Bringkeng 7 tanki, Desa Ujungmanik 5 tanki, Desa Bojong 7 tanki, dan Desa Grugu 4 tanki. Kemudian Desa Sidaurip 4 tanki, Desa Kubangkangkung 2 tanki, dan Desa Babakan 1 tanki.


Sedangkan untuk wilayah yang terdampak kekeringan cukup parah yakni Desa Binangun Kecamatan Bantarsari, BPBD Cilacap telah menyalurkan 8 tanki air bersih. Adapun untuk Desa Patimuan Kecamatan Patimuan mendapat dropping air bersih 4 tanki, dan Desa Panikel Kecamatan Kampung Laut 1 tanki.


“Kita sudah berupaya maksimal untuk menangani kekeringan. Baik BPBD maupun sejumlah pihak terkait dan perusahaan sudah mengirimkan air bersih ke wilayah yang kesulitan air bersih”, tambahnya.


Sementara itu Kepala Kelompok Operasional Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Cilacap, Teguh Wardoyo menjelaskan, prakiraan curah hujan  di Cilacap untuk bulan Juli 2018  antara 20 – 50 mm/bulan. Adapun puncak kemarau diprakirakan berlangsung mulai Agustus 2018.


“Sifat curah hujan selama bulan Juli 2018 adalah normal hingga di bawah normal, sehingga perlu langkah antisipasi sejak dini”, terangnya.(dony/kominfo)


Foto : BPBD Cilacap salurkan air bersih ke wilayah terdampak kekeringan. Hingga Senin (16/7/2018) sudah 43 tanki disalurkan kepada warga.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya