SELURUH PUSKESMAS DIDORONG BUKA PELAYANAN RAWAT INAP

Rabu, 18 Juli 2018 15:40:48 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap menargetkan seluruh Puskesmas dapat melayani rawat inap pada tahun 2022. Untuk itu Pemkab Cilacap terus membenahi sarana prasarana pendukung, termasuk mengoptimalkan peningkatan kualitas sumber daya manusia.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Marwoto, mengatakan dari total 38 Puskesmas yang ada di Cilacap, baru 21 unit yang memiliki layanan rawat inap. Sedangkan 17 Puskesmas lainnya yang masih berstatus rawat jalan diupayakan segera terakreditasi.


Marwoto mengungkapkan, saat ini pihaknya terus berupaya agar seluruh Puskesmas dapat terakreditasi. Sebab berdasarkan amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, akreditasi berkala diperlukan untuk meningkatkan mutu puskesmas.


“Akreditasi dilakukan setidaknya tiga tahun sekali. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat sesuai ketentuan”, kata Marwoto saat Workshop Audit Internal dan Manajemen Puskesmas, Selasa (17/7/2018).


Sejauh ini Puskesmas yang telah terakreditasi antara lain Puskesmas Wanareja II, Kawunganten, Puskesmas Dayeuhluhur II, Puskemas Majenang II, Cipari, Gandrungmangu, Sampang dan Puskemas Kroya. Dengan akreditasi, diharapkan mutu dan kualitas fasilitas layanan kesehatan meningkat.(dony/kominfo)


Foto : Puskesmas Maos kini telah ditingkatkan menjadi fasilitas kesehatan dengan layanan rawat inap

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya