HARI LANJUT USIA NASIONAL TINGKAT KABUPATEN CILACAP DIGELAR DI BENTENG PENDEM

Jum`at, 20 Juli 2018 11:40:19 - oleh : dony


CILACAP – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018 digelar di komplek wisata Benteng Pendem Cilacap. Ada berbagai macam perlombaan digelar. Satu yang menarik yakni Lomba Fashion Show yang diikuti para lansia.


Dengan semangat, para lansia tersebut melenggang layaknya model terkenal. Karena tampil dadakan, tak jarang gerak gerik mereka mengundang gelak tawa. Ada kakek yang atraktif memperagakan gerakan silat berpadu break dance. Ada pula nenek yang tampil dengan dandanan ala Punakawan.


Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, Kepala Dinas Kesehatan Cilacap dr. Marwoto, sejumlah pejabat Setda Cilacap, perwakilan OPD, dan sejumlah undangan. Syamsul berharap, berbagai program pemkab untuk lansia dapat meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan mereka.


“Semoga mereka yang telah berusia lanjut tetap semangat menjalani hidup, sehat, terus berkarya, dan memberikan sesuatu yang lebih untuk Kabupaten Cilacap”, kata Syamsul.


Syamsul menambahkan, melalui kegiatan ini dia mengajak seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk menerapkan pola hidup sehat, tertib, dan disiplin. Tujuannya agar  tetap sehat dan dapat menjalani aktivitas di usia lanjut dengan bahagia.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Marwoto selaku panitia penyelenggara mengatakan, peringatan HLUN 2018 tingkat Kabupaten Cilacap dimeriahkan kegiatan perlombaan maupun non lomba. Seperti Senam Lansia, Jalan Sehat, Lomba Joget, Lomba Bazaar, dan Fashion Show.


Sedangkan untuk mendukung program Bangga Mbangun Desa khususnya Pilar Kesehatan bagi lansia, Dinas Kesehatan Cilacap menerapkan sejumlah program. Yakni Program Penanggulangan Penyakit Kronis (Prolanis) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia.


“Persoalan khusus yang dihadapi lansia terutama kesehatan. Makanya di tiap puskesmas ada Prolanis untuk menanggulangi penyakit penyakit yang identik dengan lansia”, ujarnya.(dony/kominfo)


Foto : Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman bersama istri, Ny. Ira Aulia Rachman (paling kanan) dan Kepala Dinkes Cilacap dr. Marwoto (paling kiri) menyerahkan doorprize kepada peserta peringatan HLUN 2018

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya