BUPATI BUKA TMMD SENGKUYUNG TAHAP III DESA WRINGINHARJO GANDRUNGMANGU

Senin, 15 Oktober 2018 14:37:53 - oleh : dony


CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2018, di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, Senin (15/10/2018). Kegiatan berlangsung selama 30 hari hingga 13 November 2018.


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui sambutan yang dibacakan Bupati berharap, gotong royong sebagai sari pati  nilai-nilai ke-Indonesia-an dan esensi kultur ketimuran terjaga dengan baik. TMMD telah hadir meneguhkan kebersamaan, dan menyajikan karya nyata yang bermanfaat bagi desa.


“TMMD kita dorong mendukung penurunan kemiskinan  di Jateng. Tentu ini bergerak simultan, sinergis, dan selalu terintegrasi dengan program yang sedang dan akan dilakukan melalui Dana Desa maupun kegiatan pembangunan lainnya”, kata Bupati.


TMMD juga diapresiasi karena terus menggelorakan semangat dan kewaspadaan terhadap potensi bencana. Hal ini penting karena di Kabupaten Cilacap terdapat berbagai potensi kerawanan bencana. Sehingga pengetahuan dan kemampuan kebencanaan dapat mengurangi risiko dampak bencana.


Sasaran kegiatan fisik pada TMMD kali ini yaitu pengerasan jalan sepanjang 900 m x 3 m, pembangunan 2 unit jembatan, 1 unit gorong-gorong, dan rehab 14 unit RTLH. Sedangkan kegiatan non fisik berupa penyuluhan pertanian, peternakan, dan perkebunan serta penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis.


Penyuluhan bela negara, kamtibmas, kebencanaan, dan bahaya narkoba. Kemudian Pembuatan akta kelahiran gratis bagi anak usia di bawah 1 tahun, pengobatan ternak gratis, serta pelatihan keterampilan dan olahan pangan. Dukungan anggaran TMMD mencapai Rp 480.200.000, dengan rincian dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 180.200.000 dan APBD Kabupaten Cilacap Rp 300.000.000.(dony/kominfo)


Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji bersama Dandim 0703/Cilacap membuka TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya