ANGGOTA GAPENSI DAN KOMASJAKON IKUTI SOSIALISASI UNDANG UNDANG JASA KONSTRUKSI

Senin, 19 November 2018 13:41:42 - oleh : dony


CILACAP – Usaha jasa konstruksi memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional, khususnya daerah. Hal itu disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, saat membuka Sosialisasi dan Pembinaan Hukum Peraturan Perundangan untuk Badan Usaha Penyedia Jasa Konstruksi, di Fave Hotel Cilacap Senin (19/11/2018).


Kegiatan diikuti anggota Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) dan Komunitas Masyarakat Jasa Konstruksi (Kemasjakon) Kabupaten Cilacap. Sedangkan pemateri berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Kepolisian Resort Cilacap dan Kejaksaan Cilacap.


Menurut Bupati, jasa konstruksi merupakan bidang usaha yang banyak diminati masyarakat. Sehingga penyelenggaraannya perlu diatur, guna mewujudkan tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi serta menghasilkan pekerjaan yang berkualitas, dan meningkatkan peran serta masyarakat.


Pembangunan insfrastruktur tidak lepas dari peran penyedia Jasa Konstruksi. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya diperlukan pemahaman dan persamaan persepsi antara Penyedia Jasa maupun Pengguna Jasa. Baik dalam cara pandang Peraturan Perundang-undangan Jasa Konstruksi sebagai landasan hukum.


“Termasuk dengan memahami Undang Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi dan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018  tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah”, ujar Bupati.


Upaya ini penting, mengingat pembangunan infrastruktur memegang peranan penting dalam mengentaskan kemiskinan. Dengan infrastruktur yang baik akan membuka akses daerah terisolir melalui terbangunnya jalan, jembatan dan fasilitas lainnya yang mampu mendukung upaya peningkatan perekonomian masyarakat.


Ketua Penyelenggara, Puji Widodo mengatakan, sosialisasi dan Pembinaan Hukum Peraturan perundangan untuk Badan Usaha Penyedia Jasa Konstruksi, dimaksudkan untuk penyamaan perspsi permasalahan hukum jasa konstruksi sesuai dengan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 dan Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 tahun 2017.


“Gapensi dan Komasjakon menginginkan adanya iklim yang kondusif dalam melakukan kegiatan dibidang konstruksi di Cilacap, tanpa menyimpang dari aturan perundangan yang berlaku”, jelasnya.(hrm/dony)


Foto : Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji menerima plakat dari Ketua Gapensi dan Ketua Komasjakon.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya