DUNIA USAHA DIMINTA DUKUNG PENGEMBANGAN UKM DI CILACAP

Kamis, 17 Januari 2019 11:58:03 - oleh : dony


CILACAP – Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman mendorong dunia usaha untuk mendukung komitmen pemerintah dalam memajukan sektor UKM. Hal tersebut disampaikan saat membuka Seminar Peran PT Pertamina RU IV Cilacap dalam Pemberdayaan UKM, Kamis (17/1/2019).


“Harapan saya tidak hanya dibantu produksinya, tetapi juga packagingnya agar lebih menarik. Meski bukan yang utama, packaging itu yang pertama dilihat”, kata Wabup.


Aspek pemasaran, lanjut Wabup juga perlu mendapat perhatian khusus. Sebab selama ini banyak pelaku UKM yang telah mampu menghasilkan produk berkualitas ekspor, namun terkendala dalam pemasaran. Atas hal ini, Wabup mendorong pemasaran produk via online, untuk memperluas jaringan.


“Bantu kami marketingnya. Selain dengan showroom, pameran, atau sarana kovensional lainnya, ajari teman teman UKM agar dapat memanfaatkan e-commerce. Karena memang sekarang eranya seperti ini”, tambahnya.


Acara yang diselenggarakan di Gedung Griya Patra Cilacap ini diikuti sekitar 150 peserta dari perwakilan pesantren, takmir masjid, panti asuhan, lembaga amil zakat, ormas Islam, dan instansi terkait. Tema yang diangkat yakni Pengembangan Ekonomi Berbasis Masjid dan Pesantren.


General Manager PT. Pertamina RU IV Cilacap Djoko Priyono menjelaskan, kegiatan ini merupakan tahap awal kemitraan dengan unsur pesantren. Tujuannya agar sumber daya manusia di lingkungan Masjid dan Ponpes dapat mengembangkan industri kreatif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


“Di wilayah barat kita sudah menyelenggarakan pelatihan pembuatan makanan ternak dari larva lalat Black Soldier Fly (BSF) di Ponpes Al Firdaus, diikuti perwakilan dari 70 Ponpes”, jelasnya.


PT. Pertamina RU IV Cilacap juga berencana membangun showroom di Jl. MT Haryono Cilacap. Showroom tersebut akan difungsikan untuk menampung berbagai produk UKM, baik handycraft, kerajinan dan sebagainya, di bawah pengelolaan Paguyuban UKM Cilacap.


Sementara itu Ketua Umum Yayasan Islamic Centre Al Munawarrah Cilacap, KH. Hasan Makarim selaku panitia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat di lingkungan Masjid dan Pesantren yang memiliki banyak komunitas.


“Sehingga tidak hanya melulu ibadah dan ritual saja, tetapi mereka juga harus memikirkan perekonomian yang merupakan kebutuhan masa depan mereka”, kata Hasan.


Ada tiga narasumber yang menyampaikan materi seminar pada peserta. Yakni Akademisi dan Praktisi Lembaga Keuangan Syariah Alfalisyado, S.E.Sy.,M.E, Ketua Paguyuban UKM Cilacap Erna Juliana, serta narasumber dari PT. Pertamina RU IV Cilacap.(dony/kominfo)


Foto : Wabup Syamsul Aulia Rachman (kiri) menyaksikan penyerahan cinderamata dari GM Pertamina RU IV Cilacap Djoko Priyono (kanan) kepada Ketua Umum Yayasan Al Munawarrah Cilacap KH Hasan Makarim (tengah).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya