DPUPR KABUPATEN CILACAP PASTIKAN GEDUNG PEMERINTAH LAIK FUNGSI

Kamis, 7 Februari 2019 14:53:31 - oleh : dony


CILACAP – Sebagai salah satu wilayah dengan kerawanan bencana tinggi, Kabupaten Cilacap membutuhkan upaya mitigasi bencana yang mantap. Banyak hal yang telah dilakukan Pemkab Cilacap dalam bidang ini, yang kini terus disempurnakan.


Salah satunya wacana pengembangan konstruksi tahan gempa pada gedung-gedung milik pemerintah. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Cilacap, Ir. Alexander Ristiyanto, usai peresmian Gedung PKK Sumekar, beberapa waktu lalu.


“Berfikir kesana itu ada. Tapi dalam rancangan keterbatasan anggaran yang disampaikan melalui APBD Kabupaten Cilacap saat ini belum memungkinkan”, kata Ristiyanto.


Ada beberapa persyaratan teknis dalam membangun gedung tahan gempa. Aspek teknis ini menyesuaikan struktur tanah, di mana bangunan tersebut berdiri. Mengingat keterbatasan anggaran, saat ini DPUPR Cilacap lebih menekankan kelaikan fungsi bangunan sesuai standar.


“Kita lebih menekankan yang penting perkuatan konstruksi itu sesuai standar. Untuk bangunan satu lantai misalkan, harus memenuhi ini itu, dan sebagainya”, tambahnya.


Modernisasi, lanjut Ristiyanto, juga menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan gedung tahan gempa. Dicontohkan, material kayu lebih elastis meredam guncangan. Namun karena membutuhkan biaya yang lebih besar, konstruksi bangunan dengan material beton dinilai lebih efisien.


Sementara itu terkait kegiatan kebinamargaan, DPUPR Kabupaten Cilacap mendapat alokasi sekitar Rp 290 miliar pada tahun anggaran 2019. Anggaran tersebut diprioritaskan untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan kabupaten dengan rigid beton, dan beberapa jembatan.


“Sedangkan untuk tata bangunan, tahun ini kita ada 10 kegiatan. Mudah mudahan bisa sesuai target”, pungkasnya.(dony/kominfo)


Foto : Dari kiri, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Maruf beserta istri, dan Kepala DPUPR Kabupaten Cilacap Alexander Ristiyanto saat peresmian Gedung PKK Sumekar di Komplek Skretariat Daerah Kabupaten Cilacap.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya