Kampung KB Gadis Tegalreja Juara I Percontohan Tingkat Nasional

Senin, 8 Juli 2019 09:09:04 - oleh : tina


BANJARMASIN – Kampung KB ‘Gadis’ dari Kelurahan Tegalreja Kecamatan Cilacap  Selatan, Kabupaten Cilacap berhasil menjadi Juara I Kampung KB Percontohan Tingkat Nasional. Dengan predikat ini, Kampung KB ‘Gadis’ menjadi rujukan nasional dalam pengelolaan program KKBPK dan kegiatan lintas sektor.


Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, S.P.O.G kepada Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman pada Malam Penganugerahan Penghargaan dalam Rangka Hari Keluarga Nasional Ke-XXVI Tahun 2019 di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Jumat (5/7/2019).


Wabup berharap, penghargaan ini dapat menjadi contoh dan motivasi bagi Kampung KB lainnya, dalam meningkatkan kualitas pelayanan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Tidak hanya sekedar formalitas, tetapi sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat.


Kampung KB ‘Gadis’ dibentuk pada 29 Oktober 2017. Gadis sendiri merupakan akronim dari kata Guyub, Aman, Damai, Indah Sejahtera. Kampung KB GADIS yang semula hanya di RW 04 kini dikembangkan ke tingkat Kelurahan (10 RW) sebagaimana standar Kampung KB Percontohan.


Di Cilacap, program Kampung KB telah dimulai sejak tahun 2016. Hingga saat ini terdapat sebanyak 88 Kampung KB yang tersebar pada 284 desa/kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Keberhasilan ini merupakan wujud sinergi  BKKBN, kader PKK serta peran penting masyarakat dalam pembinaan.(gs/kominfo)


Foto : Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, bersama Kepala Dinas KB PP PA Cilacap, Murniyah (kiri) dan Sekretaris Dinas KB PP PA Cilacap, Hantari (kanan) usai menerima penghargaan Kampung KB Percontohan Nasional untuk Kampung KB Gadis, Tegalreja, Cilacap Selatan.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya