Balakar to Respon Time Cilacap Raih Penghargaan Top 99

Jum`at, 19 Juli 2019 16:50:50 - oleh : tina


SEMARANG – Kabupaten Cilacap berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik untuk inovasi Barisan Sukarela Kebakaran Menuju Respon Time (BALAKAR to Respon Time). Inovasi ini merupakan modifikasi penanggulangan kebakaran di permukiman dan kawasan hutan.


Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, kepada Bupati Tatto Suwarto Pamuji di Semarang, Kamis (18/7/2019). Pembentukan Balakar to Respon Time dilatarbelakangi luasnya wilayah dan banyaknya jumlah penduduk di Kabupaten Cilacap.


Hal ini tidak sebanding dengan ketersediaan unit layanan pemadam kebakaran, sehingga respon terhadap peristiwa kebakaran sangat rendah, jauh dari standar pelayanan minimal. Oleh karena itu Balakar to Respon Time mengedepankan pemberdayaan masyarakat dengan kemampuan teknis dasar penanggulangan kebakaran.


Anggota Balakar memiliki kemampuan dasar petugas UPT Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Cilacap. Kelebihannya, inovasi ini tidak membebani APBD karena keberadaannya melekat pada masyarakat tingkat RT/RW dalam bentuk kelompok sadar (Pokdar) di bawah pengawasan pembina lingkungan.


Top 99 Inovasi Pelayanan Publik adalah kompetisi inovasi pelayanan publik dilingkungan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD. Dlaam kompetisi ini, Provinsi Jawa Tengah berhasil mencatatkan rekor dengan memborong 22 penghargaan inovasi dari Pemkab/Pemkot dan Pemprov.(dn/kominfo)


Foto : Dari kiri, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Satpol PP Cilacap Supriyadi, Kepala Bagian Organisasi Setda Cilacap Aris Munandar, dan Bupati Tatto Suwarto Pamuji, usai menerima penghargaan Top 99 untuk Inovasi Balakar to Respon Time di Semarang, Kamis (18/7/2019).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya