Lulus Kelas Industri, 29 Siswa SMK Negeri 2 Cilacap Siap Kerja di PT. BUMA

Senin, 22 Juli 2019 16:34:21 - oleh : dony


CILACAP – Sebanyak 30 siswa SMK Negeri 2 Cilacap dinyatakan lulus dalam program Kelas Industri Buma School. Artinya mereka memenuhi kualifikasi untuk diangkat menjadi karyawan tetap di PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, perusahaan tambang batubara nasional.


Pelepasan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Tengah, Drs. Tohar, M.Si, bersamaan dengan upacara pembukaan Latihan Dasar Ketarunaan (LDK) ke 20, di halaman SMK Negeri 2 Cilacap, Senin (22/7/2019).


Koordinator Kelas Industri Buma School Batch 1 SMK Negeri 2 Cilacap, Darwanto menjelaskan, pelatihan telah dimulai sejak 23 Juli 2018 hingga 29 Mei 2019 setiap Sabtu, dengan jumlah pertemuan 80 hari. Adapun kegiatannya yakni pelatihan basic mechanic course (BMC), prakerin, serta pembinaan mental dan fisik.


Dari 30 peserta, satu orang diantaranya gagal berangkat lantaran kendala kesehatan (unfit). Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Tengah, Drs. Tohar, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan, program ini merupakan bentuk keberhasilan revitalisasi SMK yang dicanangkan pemerintah pusat.


“Ini merupakan bentuk keberhasilan revitalisasi SMK sesuai arahan presiden, terutama berkaitan dengan kurikulum karena sudah melibatkan dunia industri dan dunia usaha”, terangnya.


Sementara itu untuk kegiatan LDK, Tohar berpesan agar pembinaan siswa lebih mengedepankan aspek kedisiplinan tanpa adanya kekerasan. Tercatat peserta LDK sebanyak 562 siswa, dengan materi antara lain kedisiplinan, kepemimpinan, serta Peraturan Baris Berbaris (PBB).


Kepala SMK Negeri 2 Cilacap, Sri Muladi menjelaskan, LDK bertujuan menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada para siswa. Pembinaan ini merupakan tahap pertama dan syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum belajar di sekolah tersebut.(dn/kominfo)


Foto : Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Tengah, Drs. Tohar, M.Si melakukan pelepasan simbolis siswa peserta Kelas Industri BUMA yang dinyatakan lulus.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya