Bupati Lantik Enam Direktur Perusahaan Daerah

Selasa, 23 Juli 2019 16:30:21 - oleh : dony


CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melantik direksi sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Ruang Prasanda Rumah Dinas Bupati Cilacap, Selasa (23/7/2019). Turut hadir, Sekda Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf dan sejumlah perwakilan OPD.


Ada enam orang direktur yang dilantik. Yakni Direktur Utama PD. Percetakan Grafika Indah Cucun Andhira,S.S, Direktur PD. Percetakan Grafika Indah Desi Irma Sucipto,S.E, dan Direktur Utama PDAM Tirta Wijaya Bambang Yulianto,S.T.,M.Si.


Selanjutnya Direktur Bidang Umum PDAM Tirta Wijaya Daryani,S.E, Direktur PD. Serba Usaha Teguh Achmad Yuniarto,S.T, dan Direktur PD. Kawasan Industri Cilacap Ratinuddin Yusuf,S.Thi.,M.A. Bupati mendorong para terlantik untuk berinovasi dalam mengelola berbagai potensi di Kabupaten Cilacap.


“Kita berikan kesempatan perusahaan daerah di Kabupaten Cilacap untuk mengelola kekayaan Cilacap, agar menjadi pendapatan asli daerah. Nanti tugas Sekda untuk mengevaluasi”, kata Bupati.


Bupati menambahkan, pimpinan perusahaan daerah dituntut berinovasi dan mengembangkan visi seiring kemajuan zaman. Layaknya perusahaan swasta yang dinamis dan kompetitif dalam persaingan global, perusahaan daerah kelak diharapkan mampu memperbaiki kinerjanya dan menghasilkan keuntungan bagi pemerintah.


“Kalau bisa tidak perlu 5 tahun baru dievaluasi. Satu tahun ternyata gagal, berhentikan, ganti. Kalau gagal diteruskan, negara makin rugi”, tegas Bupati.


Selanjutnya ditambahkan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf, berbagai strategi terus dilakukan Pemkab Cilacap untuk mengoptimalkan PAD dari perusahaan daerah. Salah satunya melalui penyertaan modal untuk sejumlah perusda dengan sektor usaha potensial.


“Sesuai arahan Bupati, nanti kita akan evaluasi tiap tahun. Kalau memang kinerjanya bagus dan menguntungkan, penyertaan modalnya ditambah. Begitu pula sebaliknya”, kata Sekda.


Sebagai informasi, hingga tahun 2019 ini, Pemkab Cilacap telah melakukan penyertaan modal sebesar Rp 128,43 milyar. Penyertaan modal ini telah memberikan deviden atau sumbangan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 166,32 milyar.(dn/kominfo)


Foto : Enam direktur perusda milik Pemkab Cilacap dilantik Bupati. Mereka ditarget mengembangkan inovasi dan ide kreatif untuk mendukung peningkatan PAD.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya