Sosialisasi Kerukunan Beragama Disampaikan dalam Kegiatan Non Fisik TMMD Cimrutu

Selasa, 23 Juli 2019 16:59:06 - oleh : tina


PATIMUAN, Cilacap – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan, tidak hanya menggarap sektor fisik. Sejumlah kegiatan non fisik juga dilaksanakan, salah satunya sosialisasi Kerukunan Umat Beragama oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Cilacap, Selasa (16/7/2019).


Acara tersebut  dihadiri Kepala Kesbangpol Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono, M.Si., Camat Patimuan Drs. Iskandar Zulkarnain, S.STP., M.Si., anggota Satgas TMMD, Kepala Desa Cimrutu Surip Riadi dan diikuti oleh warga Desa Cimrutu. Bertindak sebagai narasumber Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Cilacap, KH. Ahmad Shoim,Lc. 


Dalam paparannya, Ahmad Shoim mencontohkan sejumlah konflik yang terjadi di negara negara timur tengah. Suriah misalnya, homogenitas agama di kawasan tersebut tidak menjamin masyarakatnya hidup rukun dan sejahtera. Oleh karena itu, Indonesia dengan beragam suku, budaya, dan agama, harus bersyukur karena memiliki Pancasila untuk menyatukan bangsa.


Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono menyampaikan materi Pencegahan Radikalisme dalam Upaya Menciptakan Kamtibmas. Senada dengan apa yang disampaikan KH. Ahmad Shoim, Pancasila merupakan satu satunya ideologi yang dapat menyatukan keberagaman di Indonesia.


Sementara itu di hari yang sama, Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap menggelar sosialisasi keselamatan berlalu lintas. Materi yang disampaikan antara lain impelemntasi Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sosialisasi tersebut berupaya menanamkan kesadaran dalam masyarakat mengenai pentingnya mematuhi rambu dan tata cara berlalu lintas yang baik.(gs/kominfo)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya