LVRI Berharap Generasi Muda Pelihara Persatuan dan Kesatuan NKRI

Sabtu, 17 Agustus 2019 13:47:01 - oleh : dony


CILACAP – Ketua Dewan Perwakilan Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Cilacap Suherman berharap, generasi muda dan unsur pemerintahan dapat menjaga serta memelihara keutuhan, persatuan dan kesatuan NKRI.


Hal itu disampaikan saat Bupati bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap mengundang anggota LVRI DPC Kabupaten Cilacap, dalam acara ramah tamah usai Upacara Peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8/2019). 


Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji turut berbaur bersama para veteran tersebut. Hadir pula Kapolres Cilacap akbp Djoko Julianto, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, Danlanal Cilacap Kol. Laut (P) Adi Lumaksana dan unsur Forkopimda lainnya beserta para pejabat Pemkab Cilacap.


“Pekik nasional ‘Merdeka’ itu sebaiknya tidak hanya di bibir saja. Pesan kami, persatuan dan kesatuan bangsa tetap harus dijaga. Boleh berbeda tapi tetap satu. Kemarin berbeda, begitu selesai bersatu kembali”, tegasnya.


Lebih lanjut, Suherman menuturkan perhatian pemerintah kepada para veteran tiap tahun semakin baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya alokasi dana, baik dana kehormatan maupun tunjangan veteran. Namun tidak demikian dengan pembinaan organisasi.


“Makanya, yang panjenengan pirsani ini para veteran seragamnya tidak sama. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pendahulunya. Mbok yao, bukan hanya menghormati tapi juga ngopeni”, kata Suherman.


Menanggapi hal tersebut, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mewakili Forkopimda Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk terus memberi perhatian kepada para veteran. Perhatian ini nantinya akan terus ditingkatkan sesuai dengan kemampuan pemerintah.


“Bahkan sampai saat ini kami juga terus menjalin silaturahmi dengan Purnawirawan dan Warakawuri yang ada di Kabupaten Cilacap”, kata Djoko.


LVRI merupakan satu satunya organisasi massa veteran yang menjadi monumen hidup. Di mana para anggotanya dilahirkan sebagai prajurit revolusi yang telah berjuang dan mempertahankan kemerdekaan. 


LVRI telah banyak memberikan nilai-nilai perjuangan yang dapat dijadikan bekal generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan. Yakni semangat pantang menyerah, berjuang tanpa pamrih, serta rela berkorban untuk negara, yang masih sangat relevan untuk kita tanam dalam jiwa dan raga para pemuda.(dn/kominfo)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji berfoto bersama anggota LVRI DPC Cilacap di Pendopo Wijayakusuma Cakti, usai upacara peringatan Detik Detik Proklamasi.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya