Kampung KB Cikuya Berseri Jadi Percontohan Tingkat Jawa Tengah

Rabu, 21 Agustus 2019 15:00:56 - oleh : dony


BANTARSARI, Cilacap – Kampung KB Cikuya Berseri Desa Kamulyan Kecamatan Bantarsari menjadi Center of Excellent (COE) atau percontohan tingkat Jawa Tengah. Pencanangan dilakukan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Balai Desa setempat, Rabu (21/8/2019).


Bupati hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten CIlacap Teti Rohatiningsih dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Dian Setyabudi. Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi.


Ketua Pokja Kampung KB Cikuya Berseri, Samini dalam paparannya menjelaskan, Kampung KB tersebut dicanangkan sejak 2017. Hingga kini kegiatannya terus berkembang, baik untuk layanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), bidang lingkungan, maupun ekonomi.


Berbagai potensi sedang dikembangkan di Kampung KB Cikuya Berseri yakni bidang pariwisata, berupa rintisan wisata Bendung Kebogoran, Taman Ramah Anak dan Taman Keluarga yang tersebar di 5 dusun, Garden Market, Kelompok Ternak Menda Mulya, dan Rumah Bambu Saung LOVE.


“Sedangkan pada Bidang Industri rumah Tangga, kami mengembangkan pengolahan gula merah organik, serta manisan dan permen Pepaya”, kata Samini


Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya berharap keberadaan Kampung KB ini menjadi miniatur atau gambaran sebuah desa, yang didalamnya terdapat keterpaduan program KKBPK yang sinergis dengan program pembanguan untuk mengentaskan kemiskinan.


“Saya juga berharap ada semacam amazing local culture. Potensi potensi daerah dikembangkan sedemikian rupa, sehingga menjadi ciri khas daerah tersebut”, kata Bupati.


Sementara itu Kepala DP3AKB, Retno Sudewi mengungkapkan, tahun ini pihaknya mencanangkan 29 Kampung KB di Provinsi Jawa Tengah. Adapun tantangan yang dihadapi yakni  belum semua Kampung KB aktif, keterbatasan sumber daya, dan komitmen pemangku kepentingan belum merata.


“Pencanangan ini juga diharapkan tidak hanya sekedar seremoni. Tapi lebih dari itu ada komitmen tinggi dari seluruh pihak terkait, terutama dalam pemberdayaan masyarakat itu sendiri”, kata Retno.


Pada kesempatan ini, Bupati Cilacap secara simbolis menyerahkan bantuan berupa motor operasional untuk PLKB. Usai pencanangan COE Kampung KB Cikuya Berseri, Bupati beserta rombongan meninjau lokasi Rumah Bambu Saung LOVE di komplek Bendung Kebogoran.(dn/kominfo)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji menggunting pita pencanangan Center of Excellent (COE) Kampung KB Cikuya Berseri Bantarsari, Rabu (21/8/2019).

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya