Diskominfo Gelar Bimtek Kemanan Informasi

Rabu, 18 September 2019 13:27:20 - oleh : dony


CILACAP – Pemkab Cilacap melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, bekerjasama dengan PT. Pilar Teknotama Sinergi menggelar Bimbingan Teknis Keamanan Informasi. Acara dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST.,MM di ruang Jalabumi Setda Cilacap, Rabu (18/9/2019).


Turut mendampingi Sekda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. M. Wijaya, M.M, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. Hari Winarno, M.Si, dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Pengembangan Komunikasi Publik, Sukaryanto, S.SiT.


Kegiatan ini diikuti 60 peserta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran pemerintahan Kabupaten Cilacap. Sedangkan narasumber yang hadir menyampaikan materi yakni Managing Director PT. Pilar Teknotama Sinergi, Bontor Edyson Marbun, CA, CISA,CGEIT.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Drs. M. Wijaya, M.M dalam laporannya menjelaskan, Bimtek digelar demi tersedianya SDM yang kompeten, berintegritas, dan profesional dalam mewujudkan tata kelola keamanan informasi yang baik dalam rangka pengamanan informasi.


Meningkatkan kapasitas kemampuan SDM guna menunjang pengamanan dan percepatan penyampaian berita, informasi rahasia, dan rahasia negara dengan optimalisasi jaringan komunikasi sandi (JKS) cyber security, serta pembinaan pengendalian dan optimalisasi penyelenggaraan keamanan informasi daerah.


Sekda Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf melalui sambutannya berharap, peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam menyikapi dinamika perkembangan teknologi informasi, serta isu, tantangan, dan acaman keamanan informasi.


“Era digital ini, keamanan bukan hanya keamanan lingkungan. Tapi dengan kemajuan informasi yang begitu cepat dan harus diikuti anda sekalian, juga harus diikuti keamanan yang ada”, kata Sekda.


Sementara itu Managing Director PT. Pilar Teknotama Sinergi selaku narasumber menyampaikan, kemajuan teknologi dalam perkembangan dunia siber memberikan berbagai kemudahan untuk menunjang beragam aktivitas masyarakat.


Akan tetapi hal ini masih dibayangi risiko keamanan berupa peretasan, sehingga berpotensi menimbulkan dampak sosial yang cukup besar. Sehingga diperlukan upaya peningkatan kapasitas SDM dan komitmen bersama agar tidak terdampak risiko sosial tersebut.


Langkah awal yang perlu dilakukan untuk memastikan keamanan siber yakni melakukan identifikasi dan analisis risiko pada seluruh sistem elektronik layanan publik. Di dalamnya mencakup pengelolaan keamanan, risiko, kerangka kerja keamanan informasi, aset informasi, dan data pribadi.(dn/kominfo)


Foto : Sekda Cilacap Farid Maruf (kedua dari kanan) menegaskan pentingnya pengelolaan keamanan informasi di tengah perkembangan digital era globalisasi.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya