Temuan Stunting Kecamatan Jeruklegi Tertinggi Di Cilacap, Kualitas Kader Posyandu Digenjot

Rabu, 18 September 2019 17:48:41 - oleh : arin


CILACAP - Kendati sudah mengalami penurunan, namun angka pertumbuhan kerdil atau stunting di Kabupaten Cilacap masih tinggi. Diantara indikatornya adalah kasus yang terdapat di wilayah Kecamatan Jeruklegi. Berdasarkan data hasil penimbangan serentak pada bulan Maret lalu, 30 persen dari 3 ribu balita di wilayah ini diketahui mengalami stunting.


Sementara data terakhir Dinas Kesehatan Cilacap menyebutkan, dari 6 ribu balita, sekitar 1.200 diantaranya mengidap stunting kategori sangat pendek. Sedangkan yang pendek terdapat sekitar 5 ribu balita. Kondisi ini dinilai menjadi pekerjaan rumah lintas sektoral maupun masyarakat. Sebab stunting dinilai dapat mengancam kesehatan maupun masa depan anak.


Oleh karenanya sejumlah pihak terus berupaya melakukan percepatan penanganan Stunting. Seperti yang dilakukan Puskesmas Jeruklegi 1 yang bekerjasama dengan PT Solusi Bangun Indonesia dan tim Penggerak PKK dengan menggelar sosialisasi dan pelatihan kader Posyandu terhadap pencegahan stunting dan bahaya penyakit tidak menular akibat limbah minyak jelantah. Kegiatan berlangsung di aula Pendopo Panembahan Tunggul Wulung, Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi pada Rabu (18/9).


Ketua Panitia kegiatan, Hartini Rahayu mengatakan, kegiatan diwarnai dengan sosialisasi kepada puluhan kader posyandu. Selain menjadi wahana edukasi, acara tersebut katanya memiliki nilai tersendiri untuk menyukseskan program penanganan stunting, khususnya dalam hal pemetaan kualitas kader yang telah terbentuk.


Ia berharap kedepanya kader posyandu dapat menjadi ujung tombak dalam mengentaskan stunting di Jeruklegi, yang saat ini dinilai menjadi salah satu daerah dengan temuan kasus cukup tinggi. "Semuanya sudah ditangani, dan kami selalu melakukan evaluasi maupun pemantauan terhadap perkembangannya melalui kader Posyandu yang ada di wilayah Jeruklegi," ungkap Hartini.


Hartini menambahkan, progresnya saat ini percepatan program penanganan stunting diwilayah Puskesmas1 Jeruklegi dinilai cukup baik. Terlebih dengan turut terlibatnya Pemerintahan Desa yang sudah banyak membantu dalam setiap kegiatan melalui penyediaan anggaran.(rin/ruh)

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya