Pemkab Cilacap dapat Penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan

Rabu, 16 Oktober 2019 14:46:30 - oleh : dony


CILACAP – Pemerintah Kabupaten Cilacap mendapat penghargaan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan Tahun 2018 dengan Opini WTP. Sebelumnya, Pemkab Cilacap juga mendapat penghargaan serupa dari BPK RI.


Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah, kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf dalam Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) Triwulan III Tahun Anggaran 2019, di Ruang Jalabhumi komplek Setda Cilacap, Rabu (16/10/2019).


“Ini adalah apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang telah mengelola dan mempertanggung jawabkan keuangan daerah dengan standar tertinggi”, kata Sulaimansyah.


Dalam sambutannya, Sulaimansyah menyampaikan arahan Menkeu agar Pemkab Cilacap mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini. Lebih dari itu, diharapkan pengelolaan APBD Kabupaten Cilacap dapat benar-benar akuntabel untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Dijelaskan, saat ini Kabupaten Cilacap mendapatkan kucuran dana APBN sekitar Rp 1,1 trilyun. Secara umum anggaran tersebut terbagi dalam Dana Desa dan DAK Fisik Rp 414 milyar, dan alokasi untuk kantor daerah Rp 743 milyar tersebar di kepolisian, kejaksaan, dan sebagainya.


Kemudian dana Tugas Pembantuan (TP) sekitar Rp 1,2 miliar, dan sejumlah kantor balai Rp 7,8 milyar. Pada kesempatan ini Sulaimansyah meminta dukungan Pemkab Cilacap untuk percepatan penyerapan anggaran. Sehingga kegiatan yang telah masuk dalam Anggaran 2019 dapat terlaksana dengan baik.


Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf menjelaskan, penghargaan WTP ini merupakan yang ketiga kalinya diraih oleh Pemkab Cilacap. Sekda juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu kelancaran pelaksanaan APBD dan kegiatan yang ada di Kabupaten Cilacap.(dn/kominfo)


Foto : Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Sulaimansyah (kiri) menyerahkan penghargaan dari Menkeu kepada Pemkab Cilacap atas Opini WTP Laporan Keuangan TA 2018.

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya