Dinas Pertanian Cilacap Selenggarakan Kontes dan Expo Ternak 2019

Senin, 21 Oktober 2019 08:23:17 - oleh : dony


CILACAP – Guna mendorong masyarakat pelaku usaha ternak dalam meningkatkan mutu dan kualitas ternak, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menggelar Kontes dan Expo Ternak 2019. Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, Sabtu (19/10/2019).


Kegiatan ini digelar selama dua hari hingga Minggu (20/10/2019), di Lapangan Krida Bangga Mbangun Desa Kecamatan Cilacap Selatan. Supriyanto menerangkan, kegiatan ini diselenggarakan un tuk memperingati Bulan Bhakti Peternakan yang jatuh tiap bulan September.


“Selain untuk promosi peternakan, kegiatan ini juga bertujuan memberikan apresiasi kepada pelaku ternak sehingga mampu meningkatkan mutu dan kualitas ternak di Kabupaten Cilacap”, jelasnya.


Ditambahkan, acara ini juga merupakan ajang unjuk keberhasilan di bidang peternakan selama setahun terakhir. Sehingga peternak dapat melihat potensi-potensi yang ada dan terus berinovasi mengembangkan sektor peternakan di Kabupaten Cilacap.


Acara tersebut dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Asisten Administrasi Uong Suparno, pimpinan BUMN, serta sejumlah undangan lainnya. Dalam kontes ini Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Cilacap memiliki bibit ternak unggulan.


Misalnya jenis kambing Jawarandu dari Kecamatan Karangpucung, dan jenis baru yakni Sapera yang merupakan persilangan jenis kambing Saanen dan peranakan Etawa. Potensi ini menurut Bupati belum dikenal luas oleh masyarakat, sehingga perlu dipromosikan dan dikembangkan.


Kegiatan ini juga dimeriahkan Kontes Kicau Mania yang diikuti masyarakat pecinta burung ocehan. Kegiatan lainnya yakni penyuluhan kesehatan, konsultasi, dan pengobatan ternak. Dinas Pertanian juga memberikan apresiasi kepada 3 insiminator terbaik di Kabupaten Cilacap yakni Eko Ari Wibowo, Andri Fajar Perdana, dan Tumijan.(*)


Foto : Bupati Tatto S. Pamuji menyerahkan hadiah kepada pemenang kontes ternak.


Sumber : Dinas Pertanian Cilacap

versi cetak

Berita Kabupaten Lainnya